Mengenal Penyebab Umum Ketombe Pada Kucing

ketombe pada kucing

Sama halnya seperti manusia, kucing sebagai hewan berbulu yang lucu pun seringkali berketombe. Ada banyak penyebab ketombe pada kucing yang wajib Anda kenali agar mudah untuk mengatasinya. Ketombe pada hewan kesayangan Anda tersebut juga tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Ada 3 penyebab umum kenapa kucing kerap mengalami permasalahan ketombe. Berikut sudah kami rangkum apa saja faktor penyebab ketombe pada kucing tersebut agar Anda bisa mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

1.  Kucing Kekurangan Nutrisi

Penyebab utama kenapa kucing menjadi berketombe bisa karena asupan nutrisi yang kurang. Makanan kucing umumnya harus memiliki kandungan minyak omega 3. Pasalnya, makanan yang kurang kandungan omega 3 dapat menyebabkan rambut kucing menjadi berketombe.

Alangkah baiknya kucing mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap mulai dari protein, omega 3, vitamin, dan juga mineral.

2.  Ketombe yang Diakibatkan Oleh Kelembaban

Kondisi lembab juga dapat mempengaruhi bulu kucing. Maksud kelembapan di sini yaitu tubuh kucing tidak mengalami dehidrasi. Kucing yang memiliki tingkat kelembaban yang cukup bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh mereka.

Namun sebaliknya, ketika kucing kekurangan air, maka kulit mereka akan menjadi kering dan dapat memicu munculnya ketombe.

ketombe pada kucing

3.  Kondisi Medis Tertentu

Ketombe pada kucing juga bisa diakibatkan oleh kondisi medis tertentu. Contohnya seperti parasit, diabetes, obesitas, alergi, parasit, hingga terbakar sinar matahari. Semua kondisi medis di atas bisa menyebabkan ketombe pada bulu kucing.

Kondisi medis ini tidak bisa Anda tanggulangi sendiri. Artinya Anda harus meminta bantuan dokter hewan untuk mengecek kondisinya lalu dokter nantinya akan memberikan obat yang cocok dan sesuai dengan kondisi si kucing.

Cegah Ketombe Kucing dengan Asupan Nutrisi Lengkap

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, makanan juga bisa menjadi penyebab kucing mengalami ketombe. Maka dari itu, penuhi kebutuhan nutrisinya dengan memilih makanan-makanan bernutrisi.

Salah satu produk makanan terbaik untuk kucing yang bisa Anda berikan kepada mereka yaitu Royal Canin. Produk makanan kucing berkualitas premium yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kucing.

Demikian penjelasan seputar penyebab ketombe pada kucing yang harus Anda waspadai. Segera lakukan pencegahan dan pengobatan agar bulu kucing kembali normal.