Alasan Bisnis Anda Perlu Mengaktifkan Online Payment

Pembayaran online atau online payment merupakan sistem pembayaran yang dilakukan menggunakan layanan internet. Semua bisnis online yang ingin mengikuti perkembangan zaman harus mengaktifkan layanan pembayaran online ini. Apalagi rata-rata volume transaksi yang menggunakan layanan pembayaran online terus meningkat setiap tahunnya. Tidak mengaktifkan pembayaran online mungkin bisa mengurangi minat beli konsumen pada produk Anda. 

Selain itu, masih banyak alasan lainnya mengapa pembayaran online itu penting di era ini. Sebelum mengetahui alasannya, ketahui juga beberapa layanan pembayaran online yang sedang tren:

Layanan Online Payment yang Sedang Tren

Saat ini setidaknya ada tiga macam pembayaran online yang sedang tren yaitu sebagai berikut:

  1. Dompet Digital

Dompet digital atau e-wallet merupakan layanan pembayaran online yang populer dan menjadi tren. Biasanya pelanggan menggunakan dompet digital karena ada diskon atau potongan harga. Saat ini cukup banyak e-wallet yang bisa digunakan untuk transaksi online.

  1. QR Code 

QR Code merupakan online payment yang baru-baru ini populer. Pelanggan bisa melakukan pembayaran hanya dengan memindai sebuah QR Code yang diberikan oleh penjual. Secara umum, transaksi menggunakan sama seperti dengan e-wallet.

  1. Payment Gateway

Payment gateway adalah layanan pembayaran yang paling memudahkan untuk bisnis Anda. Jika mengaktifkan layanan ini, Anda bisa menawarkan berbagai macam metode pembayaran termasuk e-wallet, mobile banking, pembayaran ritel, kartu debit, kartu kredit, dan lain sebagainya. Pelanggan akan diberikan kode pembayaran, setelah dibayar maka sistem akan secara otomatis berubah.

Alasan Pebisnis Membutuhkan Online Payment

Inilah pembahasan lebih lengkap mengenai bisnis Anda membutuhkan layanan pembayaran online:

online payment
  1. Transaksi lebih mudah dan cepat

Transaksi pembayaran online membuat proses transaksi berjalan dengan mudah dan cepat. Anda tidak perlu mengecek bukti transfer dan juga saldo di rekening. Selain itu, Anda juga tidak perlu menyediakan banyak rekening bank.

  1. Mudah melakukan pencatatan keuangan

Keuntungan dari pembayaran online adalah semua transaksi keuangan tercatat di sistem. Jadi Anda tidak perlu mencatat secara manual setelah terjadi transaksi. Pencatatan keuangan secara otomatis tersebut juga meminimalisir risiko kesalahan. Pasalnya tidak jarang human error yang menyebabkan kesalahan pencatatan keuangan.

  1. Tidak ada limit transaksi

Apakah Anda pernah merasakan limit transaksi karena penjualan yang banyak? Jika menggunakan pembayaran online, terutama payment gateway Anda tidak akan merasakannya. Tidak ada batasan transaksi yang diberikan. Bahkan transaksi bisa dilakukan dalam satu waktu sekaligus.

  1. Lebih aman

Keamanan pembayaran online jauh lebih terjamin. Apalagi jika Anda memilih menggunakan payment gateway. Sistem pembayaran bisa berubah apabila pelanggan sudah melakukan pembayaran melalui kode yang Anda berikan. Sebelum dilakukan pembayaran, maka transaksi tidak berubah. Hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya penipuan struk palsu.

  1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Mendapatkan kepercayaan pelanggan merupakan hal yang harus dibagun sejak awal. Ketika pelanggan merasa percaya, maka mereka tidak akan ragu untuk melakukan pemesanan. Pembayaran online bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan karena sistem yang terstruktur.

Itulah berbagai alasan mengapa bisnis online Anda membutuhkan sistem pembayaran online atau online payment. Jika ingin mengaktifkan layanan pembayaran online berupa payment gateway, Anda harus mendaftarkan bisnis Anda di Faspay. Perusahaan payment gateway pertama di Indonesia tersebut menyediakan layanan yang sangat lengkap dan beragam. Setidaknya ada 48 lebih metode pembayaran dan 29 lebih mitra pembayaran. Proses pendaftarannya juga sangat mudah. Apabila bingung, Anda bisa bertanya pada tim Faspay. Website Faspay yang bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran yaitu www.faspay.co.id.