Modern dan Sederhana: 6 Tips Model Busana Muslim yang Stylish

Modern dan Sederhana: 6 Tips Model Busana Muslim yang Stylish Di antara kode-kode sosial dan moral yang dapat ditemukan dalam Al-Qur’an, atau teks utama agama Islam, adalah aturan tentang praktik kesopanan salh satunya dengan menggunakan model busana muslim. Untuk wanita Muslim dari budaya yang berbeda, ini secara luas ditafsirkan sebagai menutupi diri sendiri dan menghindari pakaian ketat, pakaian tembus pandang, dan pakaian yang terlalu pendek atau berleher rendah yang memperlihatkan terlalu banyak kulit. Didalam islam sangat di wajibkan bagi kaum perempuan untuk menutup auratnya.

Kumpulan pedoman untuk berpakaian sederhana ini juga dapat diperluas ke praktik kesederhanaan. Misalnya, perhiasan yang mencolok dan boros (seperti perhiasan desainer yang mahal) juga tidak dianjurkan karena mereka mengalahkan tujuan keseluruhan dari hidup sederhana yang diridhai Allah.

Tetapi ada kesalahpahaman umum yang dimiliki orang lain tentang model busana muslim, dan bahwa aturan berpakaian Muslim mengharuskan wanita untuk mengenakan pakaian yang menutup aurat. Sebenarnya, tidak ada satu cara pun bagi seorang wanita Muslim untuk berpakaian sopan. 

Sangat mungkin bagi seorang Muslimah untuk mempraktikkan prinsip-prinsip iman mereka sambil tetap mengekspresikan individualitas mereka kepada teman, keluarga, rekan kerja, kenalan, dan masyarakat lainnya. Mencapai kerendahan hati dan ekspresi diri yang tulus pada saat yang sama dapat menjadi hal yang memberdayakan bagi wanita Muslim modern—dan untungnya, ada banyak pilihan di pasar yang dapat membantunya mewujudkan tujuan ini. Kini sudah banyak model busana muslim kekinian yang pastinya sangat fashionable buat para wanita muslimah khususnya.

Apakah Anda mencari cara baru yang mengagumkan untuk menata pakaian Anda dengan hijab, niqab, shaylas, al-amiras, dan dupatta? Jika iya, berikut enam tips fashion yang bisa membantu Anda membangun lemari pakaian muslimah yang modern namun sederhana.

Merakit lemari pakaian sederhana, dasar-dasar yang mudah beradaptasi

Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah mengisi lemari Anda dengan pakaian sederhana dan sederhana yang dapat Anda gunakan sebagai dasar untuk beberapa pakaian. Di antara bahan pokok yang harus dimiliki setiap Muslim di lemari pakaian mereka adalah atasan berlengan panjang dengan garis leher tinggi, celana santai berkaki lebar, dan maxi dress berwarna solid.

Ada kain dan potongan tertentu yang bisa dianggap abadi bagi seorang Muslimah. Salah satu contohnya adalah denim; seseorang dapat terlihat sederhana dan trendi saat mengenakan legging denim dengan atasan panjang atau maxi dress. Potongan pakaian Empire juga cukup modis, tetapi tidak terlalu ketat di sekitar area dada. Anda dapat menyimpan gaun panjang yang memiliki dasi di pinggang dan dapat ditata dengan potongan kerajaan, atau Anda dapat mengenakan ikat pinggang di atasnya.

Sepatu juga harus menjadi bagian dari ansambel Anda. Anda tidak bisa salah ketika menata pakaian dengan dasar-dasar sepatu sederhana seperti flat datar, wedges, sepatu kets, atau sepatu bot.

model busana muslim
model busana muslim

Pilih kombinasi warna yang menarik

Warna adalah satu hal yang dapat Anda variasikan dalam pakaian yang menampilkan jilbab, shayla, al-amira, atau penutup kepala lainnya. Anda dapat menonjolkan warna di kerudung itu sendiri atau memasukkan lebih banyak warna ke dalam pakaian Anda yang lain.

Salah satu ide keren adalah mengenakan nuansa berbeda dengan warna yang sama dalam pakaian yang sama—misalnya, memasangkan hijab hijau hutan yang lembut dengan gaun hijau limau yang chic atau atasan dan celana lengan panjang berwarna zaitun. Anda juga bisa mencoba mengenakan tunik dan legging yang keduanya berwarna netral, namun kontras dengan hijab yang berwarna lebih cerah. Jangan takut untuk bereksperimen dengan warna untuk tampil dengan pakaian yang modis namun sederhana.

Gabungkan pola dan tekstur yang berbeda ke dalam pakaian Anda

Dua hal yang bisa Anda coba panjang lebar adalah pola dan tekstur. Dengan sedikit variasi di salah satu dari ini, pakaian Anda akan terlihat sedikit lebih rumit sambil tetap sesederhana yang Anda butuhkan.

Cobalah rok panjang berlipit atau berpanel, serta atasan dan atasan berlipit yang menampilkan dasi kupu-kupu atau dasi. Anda juga bisa mengenakan gaun dengan motif unik seperti paisley, pinstripes, houndstooth, plaid, polkadot, floral, atau bentuk geometris. Tampilan berseni dan vintage juga ada dalam gaya, dan Anda dapat mencerminkannya dalam pakaian Anda dengan turtleneck wol atau jaket kerah berlekuk bertekstur di atas atasan lainnya. Carilah gaya yang berada dalam zona nyaman Anda tetapi akan membantu Anda menonjol seperti yang Anda inginkan.

Tambahkan beberapa lapisan modis ke ansambel Anda

Pakaian Muslimah sehari-hari menggabungkan beberapa lapisan. Berapa banyak lapisan tergantung pada preferensi pemakainya dan faktor-faktor seperti iklim. Ada banyak kesenangan yang bisa didapat dalam memilih lapisan dan menambahkan dimensi pada pakaian sederhana.

Dalam cuaca dingin, Anda bisa mengenakan jaket bomber yang terbuat dari kulit imitasi dan bulu palsu, jas hujan, atau cardigan kebesaran. Untuk hari-hari yang lebih moderat, ada pilihan klasik seperti jaket denim stone washed atau rompi denim berpohon di atas atasan lengan panjang. Jika Anda ingin berdandan untuk bekerja atau untuk acara khusus, coba kenakan blazer atau jaket model double-breasted dengan gaun panjang atau setelan atasan dan rok. Pilih lapisan Anda sesuai dengan kesempatan dan sesuai dengan suasana hati Anda untuk hari itu.

Kenakan aksesori sederhana dan fungsional

Tentu saja, Anda juga bisa mendandani pakaian Anda menggunakan aksesori. Anda hanya perlu ingat bahwa kesopanan mungkin paling baik diekspresikan dengan perhiasan yang bersahaja dan fungsional.

Untungnya, ada banyak jenis aksesori yang sesuai dengan tagihan dan akan terlihat bagus dengan pakaian Anda. Anda bisa memakai kalung rantai sederhana dengan liontin kecil di leher Anda, dan Anda bisa memakai jenis anting-anting klasik seperti anting mutiara atau giwang. 

Arloji harian Anda dapat berupa jam tangan olahraga karet, jam tangan gelang logam, atau jam tangan bertali kulit, dan Anda dapat memasangkannya dengan beberapa gelang atau gelang. Untuk hari yang cerah, kenakan kacamata hitam dengan bingkai berbentuk menarik. Ini akan melengkapi pakaian Anda dan menambahkan detail menarik yang mengekspresikan kepribadian Anda.

Tonjolkan kecantikan alami Anda dengan riasan alami

Terakhir, tidak apa-apa untuk mempercantik penampilan Anda dengan sedikit riasan. Pilih tampilan yang ringan, alami, dan “tanpa riasan” untuk melengkapi pakaian sederhana.

Perlengkapan riasan Anda dapat terdiri dari alas bedak, lip gloss atau lipstik dalam nuansa alami, serta eyeliner dan maskara sederhana. Bahkan hanya dengan ini, Anda akan dapat menonjolkan kecantikan alami Anda dan merayakan feminitas Muslimah Anda.

Kesimpulan: Tetap nyaman, stylish, dan setia melalui busana muslimah

Fashion, seperti halnya iman, adalah pilihan yang sangat pribadi bagi seorang Muslimah. Berdandan adalah sarana untuk tetap setia dan konsisten dengan ajaran Islam, dan busana harus menjadi sarana untuk meningkatkan kepercayaan diri terhadap identitas seseorang sebagai seorang wanita Muslim.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda mengembangkan estetika pribadi yang modern dan sederhana. Bersenang-senang dan ekspresikan diri Anda dan keyakinan Anda dengan fashion sebagai jalan Anda!