Sejak diresmikan Presiden Joko Widodo ( Jokowi) pertengahan Juni lalu, lebih dari 30 kecelakaan terjadi di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Bahkan tol terpanjang di Indonesia itu sudah merenggut belasan nyawa.

Banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan itu terjadi. Bisa dari faktor manusia itu sendiri (human error), kendaraannya, dan faktor jalan.

“Sudah 30 kejadian kecelakaan di Tol Cipali sejak diresmikan ya,” kata Kapolda Jabar Irjen Pol Moechgiyarto di Kantor DPRD Jabar, Bandung, Selasa (23/6). Kecelakaan yang cukup menonjol terjadi di km 94 yang menelan dua korban jiwa di hari yang bersamaan.

Namun yang paling tragis adalah kecelakaan yang menimpa mobil Gran Max Senin (6/7) siang kemarin. Dalam kecelakaan tersebut tiga orang tewas terpanggang setelah mobil yang mereka tumpangi terbakar hebat, dan sisanya mengembuskan napas terakhir dalam perjalanan ke rumah sakit.
2 Orang dalam Gran Max tewas usai mobil yang ditumpanginya menghajar truk tangki di Tol Cipali. Sebanyak 9 jenazah sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

“3 Belum dibawa karena lengket dengan mobil,” ujar Kasat PJR Polda Jawa Barat AKBP Pujiono kepada merdeka.com, Senin (6/7).

Menurut Pujiono, polisi masih belum dapat mengidentifikasi korban karena kondisi sudah terbakar. Polisi menduga mayoritas penumpang berjenis kelamin laki-laki.