Mega bintang Barcelona, Lionel Messi, telah mengakui bahwa timnya kini telah mengubah filosofi bermain. Ia menilai bahwa Los Azulgrana tak lagi mengandalkan strategi tiki-taka semata.

Barcelona memang terkenal dengan filosofi permainan yang mengandalkan umpan pendek serta penguasaan bola dalam setiap pertandingan atau yang lebih dikenal dengan sebutan tiki-taka. Namun, mulai terbacanya gaya permainan Barcelona membuat pelatih Los Cules, Luis Enrique mengubah sedikit filosofi tersebut.

Hal tersebut ternyata diamini langsung oleh Messi. Pemain berkebangsaan Argentina ini mengakui bahwa Barcelona kini memiliki dua strategi yakni tiki-taka dan juga serangan balik.”Kami memiliki dua hal: permainan yang langsung kedepan dan lewat permainan yang mengandalkan serangan balik dengan memanfaatkan celah pada pertahanan lawan. Tapi, ada juga cara bermain dari kami yang belum hilang yaitu gaya bermain filosofi Barca,” kata Messi seperti dikutip Marca.

Perubahan strategi itu tampaknya berjalan sukses. Pasalnya, Barcelona sukses mengemas 11 kemenangan dalam 11 pertandingan terakhir mereka di semua ajang.Terkait itu, Messi menilai bahwa kekalahan mengejutkan dari Real Socidead di Stadion Anoeta beberapa waktu lalu menjadi titik balik Barcelona sukses meraih 11 kemenangan beruntun.

“Sejak kekalahan di Anoeta, sikap tim telah berubah, motivasi kami, cara kami pergi ke lapangan berbeda. Cara kami menekan dan cara kami mendapatkan bola juga berbeda. Kami berharap kami bisa terus menang dan memenangkan sesuatu,” pungkas Messi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here