5 Manfaat Vitamin Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

Minyak ikan merupakan jenis vitamin yang umum dikonsumsi oleh anak-anak sampai orang dewasa. Bahkan vitamin ini juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan omega-3 maupun vitamin lain di dalamnya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan ibu maupun janin. Berikut ini adalah deretan manfaat vitamin minyak ikan yang perlu Anda ketahui:

Mengurangi Risiko Kelahiran Prematur

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Cochrane, asupan omega-3 selama kehamilan bisa menurunkan risiko kelahiran prematur pada bayi. Bayi dikatakan lahir prematur apabila kelahirannya di bawah 34 minggu. Ada banyak risiko bayi lahir prematur, termasuk perkembangan yang tertinggal.

Meningkatkan Berat Badan Lahir

Dilansir dari The Journal of Nutrition 2019, vitamin ini membantu meningkatkan berat badan lahir bayi. Padahal bayi harus memiliki berat badan yang ideal agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Biasanya dokter akan menyarankan asupan omega-3 untuk meningkatkan berat badan bayi lahir.

Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Janin

Kandungan omega-3 dalam minyak ikan memang memberikan banyak sekali manfaat. Adapun manfaat lainnya yaitu untuk pertumbuhan dan perkembangan awal bayi. Bukan hanya saat kehamilan saja, minyak ikan juga baik dikonsumsi saat menyusui. Di masa tersebut bayi membutuhkan asupan yang bergizi dari ASI (Air Susu Ibu).

vitamin minyak ikan

Nutrisi untuk Membuat ASI

Beberapa ibu menyusui terkadang mengalami masalah produksi ASI yang kurang. Padahal bayi yang baru lahir membutuhkan ASI eksklusif karena belum mendapatkan makanan padat. Asupan omega-3 membantu memproduksi ASI sejak masa kehamilan. Setelah bayi lahir pun asupannya tetap penting untuk Anda jaga.

Mengurangi Risiko Alergi Pada Anak

Penyebab alergi pada bayi tidak bisa dipastikan secara jelas. Bahkan ada bayi yang mengalami alergi sejak lahir. Mengkonsumsi minyak ikan sejak hamil muda ternyata dapat menurunkan risiko alergi. Contohnya yaitu dermatitis atopik, asma, dan rhinitis alergi.

Itulah manfaat vitamin minyak ikan untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Pastikan vitamin yang Anda pilih memang aman untuk ibu hamil. Rekomendasi vitamin terbaik adalah Blackmores. Kandungannya membantu menjaga kesehatan ibu serta buah hati.