Ketahui Perbedaan Anak Cerdas Dan Pintar

Apakah Anda berpikir bahwa anak cerdas dan pintar itu sama? Tentu keduanya berbeda. Masyarakat awam beranggapan bahwa anak yang cerdas itu sama saja dengan anak pintar. Keduanya hanya berbeda istilah saja, padahal intinya sama. Anggapan demikian tidak bisa dibenarkan karena jika dipelajari lebih dalam cerdas dan pintar memiliki maksud sendiri-sendiri. 

Perlu diketahui, anak yang cerdas sudah pasti pintar tetapi anak pintar belum tentu cerdas. Mengapa demikian, inilah yang menjadi rahasia umum yang sering dielakkan. Ada anak yang tidak terlalu pintar dalam bidang akademis, tetapi ia sangat cerdas dalam menjalankan semua urusannya di banyak bidang. Bagaimana bisa? Dari pada Anda kebingungan, simak perbedaannya sebagai berikut!

Perbedaan Anak Cerdas dan Pintar Yang Harus Anda Ketahui

Dari Segi Pengertian

Dari segi definisi, pintar berarti mengetahui. pandai, dan juga memiliki ilmu. Berbeda dengan cerdas, istilah ini dilontarkan kepada pribadi yang mudah memahami suatu keadaan yang ada di sekitarnya. Anak pintar biasanya hanya terpaku pada teori yang ia baca dan peroleh dari guru. Berbeda dengan anak yang cerdas, mereka lebih mengutamakan logika dan pengalaman.

Dari Segi Kemampuan

Dari segi kemampuan, anak yang cerdas lebih unggul dibandingkan anak pintar. Hal ini karena cerdas itu adalah anugerah dari Tuhan sejak kecil, dan tidak semua orang bisa memiliki sifat itu. Sedangkan, anak pintar harus membutuhkan proses terlebih dahulu untuk menjadi pintar.

Anak pintar memang lebih menguasai ilmu dibandingkan anak yang cerdas. Tetapi, ilmu yang dikuasainya hanya terpaku dalam satu atau bidang saja. Berbeda dengan anak yang cerdas, mereka bisa menguasai banyak bidang. Mereka hanya menggunakan teori sebagai pendukung saja.

Segi Berpikir

Dari segi berpikir, anak pintar selalu terpacu pada teori. Apa yang ia pikirkan, itulah apa yang ia sudah baca sebelumnya. Ia hanya terpacu pada hafalannya saja. Sedangkan jika ia menghadapi masalah baru, ia akan mencari teori lain yang berkaitan.

Berbeda dengan anak yang cerdas, mereka cenderung menggunakan logika. Pikirannya sangat tajam. Mereka bisa mengaitkan satu masalah dengan masalah lain untuk memperoleh jawaban dari apa yang ia hadapi. Pikiran yang kritis itu membuatnya mudah untuk mengatasi berbagai masalah kehidupan.

Itu tadi beberapa perbedaan anak cerdas dan pintar. Tentu, sekarang Anda sudah tidak bingung lagi bukan untuk membedakan keduanya. Jadi berhentilah mengatakan bahwa keduanya sama. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda.