PT Parna Raya
PT Parna Raya

Transportasi darat menjadi cikal bakal PT Parna Raya berdiri pada tanggal 7 Juni 1972. Setelah bisnis transportasi darat ini berkembang pesat, Parna Raya melakukan ekspansi bisnis pada layanan clearence pengiriman dokumen. Layanan ini menjadi salah satu pendukung Parna Raya sebagai perusahaan terkemuka untuk perusahaan baru pada saat itu.

Layanan dan Infrastruktur Pendukung

Proses Parna Raya menjadi perusahaan besar tentunya tidak terlepas dari layanan dan infrastruktur pendukung. Layanan dan infrastruktur yang dimaksud bisa berasal dari perusahaan itu sendiri atau dari luar seperti mitra bisnis, anak perusahaan, dan pelanggan. Layanan dan infrastruktur ini bahkan menjadi parameter Parna Raya berkembang pesat pada awal berdiri. Berikut layanan dan infrastruktur tersebut.

  1. Mendirikan Anak Perusahaan PT Bintang Teratai

Untuk mendukung bisnis barunya dalam pengiriman dokumen melalui transportasi darat, Parna Raya mendirikan anak perusahaan pada tahun 1979 yang diberi nama PT Bintang Teratai di Medan. Perusahaan ini bergerak dalam sektor bisnis freight forwarding  seperti pemuatan dan bongkar layanan, gudang, transportasi, dan pembersihan dokumen.

Anak perusahaan ini sampai sekarang masih memberikan layanan-layanan yang telah disebutkan di atas. Seiring berkembangnya zaman, jangkauan perusahaan ini tidak hanya di wilayah Medan saja. Kini jangkauannya sudah internasional. Jadi, bagi Anda yang ingin melakukan pengiriman barang atau dokumen kelas internasional bisa menggunakan jasa layanan anak perusahaan PT Parna Raya ini.

2. Mendirikan Anak Perusahaan PT Artha Siloam

Tujuan mendirikan anak perusahaan Artha Siloam ini sama halnya seperti ketika mendirikan anak perusahaan yang sebelumnya. Artha Siloam sendiri didirikan pada tahun 1988 untuk memenuhi dan mendukung PT Parna Raya mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Anak perusahaan ini bergerak pada sektor manufactur wholesale. Hingga sekarang anak perusahaan ini masih menjadi produsen grosiran terbesar di Medan, Sumatera Utara.

Demikianlah layanan dan infrastruktur pendukung Parna Raya yang menjadikan perusahaan ini sebagai ekonomi industri raksasa pada awal-awal pembentukannya. Mitra bisnis dan pelanggan juga turut serta menjadikan Parna Raya sebagai perusahaan besar. Untuk saat ini anak perusahaannya pun sudah semakin banyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi kalau mau menggunakan produk dan jasa Parna Raya!