diare pada anak
diare pada anak

Memiliki seorang anak adalah anugerah dan mesti dijaga dengan sebaik-baiknya kasih sayang. Keceriaan sang buah hati tentunya menjadi pelipur lara hati orang tua dalam berbagai kondisi, namun terkadang keceriaan mereka hilang dengan kondisinya yang tidak sehat.

Ada banyak penyakit yang terbiasa menyerang pada anak-anak dari mulai bayi, baik itu penyakit yang ringan, sedang, dan juga berat. Namun appaun kondisinya penyakit yang menimpa mereka, para orang tua sudah semenstinya memperhatikannya dengan benar, karena dari penyakit ringan saja bisa jadi berat karena penanganan yang kurang.

Penyakit diare adalah salah satu penyakit yang biasa dialami oleh anak-anak, dan itu ditandai dengan beberapa gejala. Diare pada anak merupakan penyakit ringan, namun bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani, bahkan bisa menyebabkan kematian pada anak.

Perlu diketahui oleh orang tua terhadap beberapa gejala diare yang berbahaya pada anak dan mesti segera memeriksakan diri ke dokter. Berikut adalah beberapa gejala yang biasa dialami diantranya yaitu:

diare pada anak
diare pada anak
  • Demam

Pada bayi ataupun anak jika terjadi demam dengan ukuran lebih dari 37 derajat Celcius, maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang semestinya. Karena jika sudah seperti itu, sangatlah perlu perawatan dokter dan itu adalah sebuah reaksi dari infeksi di dalam tubuh dari bakteri yang meruksak yang menimbulkan diare.

  • Dehidrasi

Jika anak muntah ataupun diare scara terus menerus dengan kurun waktu yang sering, maka cairan di dalam tubuh pun menjadi terkuras dan berakibat dehidrasi. Badan akan terasa lebih lemas, tidak memiliki tenaga, tidak nafsu makan, dan merasa mual serta buang air besar secara terus terusan. Hal tersebut sangatlah berbahaya jika tidak segera ditangani secara medis, apalagi bagi anak atau bayi yang kurang dari 6 bulan.

  • Diare

Diare pada bayi tentunya sudah sangat sering terjadi dan itu merupakan hal yang biasa. Namun jika diare terjadi dengan warna kotoran yang berbeda sedikit kehitaman dengan frekuensi buang air besar yang sering tentunya menjadi gejala diare yang berbahaya dan segera harus ditangani oleh dokter.

Itulah beberapa gejala diare pada anak yang mesti bunda perhatikan. Berikan pengobatan yang terbaik dan berikan makanan serta minuman yang aman bagi mereka seperti susu Dancow.