brand perhiasan lokal
brand perhiasan lokal

Jika Anda menganggap bahwa perhiasan terbaik di dunia hanya milik negara-negara besar seperti di Amerika dan Eropa, maka kamu salah besar. Anda para pecinta perhiasan tanah air bisa berbangga berkat adanya fakta yang menyatakan bahwa ekspor perhiasan dari brand perhiasan lokal di Indonesia tengah naik daun dan menjadi pilihan utama di pasar global. Tentu saja, hal ini bisa menjadi sebuah tolak ukur baru mengenai kualitas dari perhiasan yang ada di Indonesia. Bahkan, disebutkan bahwa industri perhiasan saat ini telah menjadi sebuah sektor yang diunggulkan terkait kontribusinya terhadap ekonomi nasional.

Perhiasan Indonesia memiliki daya saing tinggi 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa berkat adanya kemajuan teknologi dan informasi di seluruh dunia membuat persaingan menjadi semakin ketat dan di segala sisi, termasuk dari sektor industri perhiasan. Namun, justru dibalik kerasnya persaingan tersebut berbagai perhiasan Indonesia mampu menembus pasar global berkat tingginya daya saing yang dimiliki. Kualitas perhiasan di Indonesia tidak kalah dari brand brand lain di luar negeri. 

brand perhiasan lokal
brand perhiasan lokal

Bahkan, beberapa ahli dan pakar banyak yang setuju dan menyatakan bahwa perhiasan seperti berlian, emas, dan permata dari Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia. salah satunya seperti Bangle D17005119 yang merupakan koleksi Nusantara dari The Palace National Jeweler.

Menjadi idola di AS, Swiss, Hongkong, dan Singapura 

Dalam sebuah catatan yang di terbitkan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) disebutkan bahwa sepanjang beberapa tahun terakhir nilai ekspor dari perhiasan Indonesia meningkat secara drastis. Sebut saja seperi tahun 2018 yang lalu, Indonesia sukses menembus nilai ekspor sebesar US$ 2,05 miliar dan telah berhasil bersaing di pasar beberapa negara seperti Singapura, Hongkong, Swiss, bahkan hingga Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat. Hal ini juga yang membuat Indonesia berada pada peringkat 9 sebagai pengekspor perhiasan terbesar dengan total pangsa pasar lebih dari 4% di ranah pasar global. 

Menurut Kemenperin, tentu saja ini akan menjadi sebuah peluang baru bagi industri perhiasan dan sejenis untuk dapat terus memperbesar skala produksi, dan terus meningkatkan kualitas agar tetap menjadi idola di kancah dunia, dan dapat meraih peringkat lebih tinggi lagi sebagai eksportir perhiasan dunia. Yang jelas, dengan tingginya tingkat eksport perhiasan ini akan membuat perekonomian negara menjadi lebih stabil lagi. 

Semakin banyak ketersediaan perhiasan emas dan berlian dalam negeri 

Berkat adanya fenomena seperti ini pula, Pemerintah berniat untuk terus menjaga ketersediaan dari bahan baku perhiasan seperti misalnya, emas dan berlian yang secara bertahap akan terus diawasi pengelolaannya oleh Pemerintah. Nantinya, Pemerintah juga berencana untuk membebaskan bea masuk terhadap bahan baku yang masuk ke Indonesia. Dengan adanya program seperti ini juga, diharapkan akan semakin banyak juga masyarakat Indonesia khususnya para pecinta perhiasan yang lebih memilih produk dalam negeri seperti brand perhiasan lokal, ketimbang harus membeli perhiasan dari negara lain.

Imbasnya, para pecinta perhiasan baik itu emas ataupun berlian tak perlu lagi cemas dengan kualitas yang ditawarkan oleh brand brand lokal. Karena pada kenyataannya, Indonesia telah menjadi salah satu eksportir perhiasan dengan kualitas terbaik di dunia. Lantas, bagaimana menurut Anda? apakah Anda masih tetap menyukai perhiasan luar negeri, atau mulai mencintai produk dalam negeri yang juga memiliki kualitas perhiasan tak kalah baik dari negara-negara besar lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.