Sumber: https://www.convertwithcontent.com/7-time-management-tips-for-small-business-owners/
Sumber: https://www.convertwithcontent.com/7-time-management-tips-for-small-business-owners/

Berniat menjadi pelaku bisnis? Jika ya, Anda harus bersiap dengan persaingan dunia bisnis yang semakin hari semakin beragam dan kreatif. Dalam berbisnis, modal hanya sebagai fasilitas dalam menjalankan bisnis. Namun hal yang paling penting dalam berbisnis adalah skill.

Skill di sini termasuk pemikiran, strategi, serta evaluasi bisnis yang sedang dikembangkan. Pada saat ini setiap pebisnis seolah belomba dalam memasarkan produk yang ditawarkannya. Perkembangan internet pun merambah ke dalam dunia bisnis. Tidak sedikit pebisnis yang menjalankan usahanya melalui website atau media internet dalam pemasarannya. Terlebih bagi pebisnis pemula atau usaha kecil yang baru saja dirintis. Kekuatan internet sangat tidak terbendung. Kemajuannya yang sangat pesat dapat dimanfaatkan sebagai lahan dalam berbisnis.

Maka dari itu, banyak pebisnis yang merasa menghemat waktu, biaya dan tenaga dengan adanya website bisnis yang mereka kembangkan sebagai upaya dalam pemasaran produknya. Mengapa demikian ? Berikut penjelasannya.

Konvensional vs Media Internet

Dalam berbisnis kita tentu mengetahui cara konvensional dalam memasarkan produk yang ditawarkan. Contohnya, kita dapat memasarkan produk kita dalam beberapa events dalam bentuk kerja sama sponsorship, memasarkan produk secara door to door, atau bahkan membuat iklan produk ke media televisi atau radio.

Namun, tidak dimungkiri bahwa cara konvensional tersebut tentunya memerlukan modal, waktu, dan skill yang relatif tinggi. Artinya, kita tidak dapat memasarkan produk sebagai sponsorship jika tidak ada yang mau bekerja sama dengan kita. Kita juga membutuhkan waktu yang lebih lama jika hanya melakukan promosi door to door, bahkan kita memerlukan modal yang besar untuk dapat mengiklankan produk ke televisi atau radio. Maka dari itu, banyak pebisnis pemula atau pebisnis usaha kecil yang akhirnya gulung tikar.

Dengan adanya media internet, bisnis apa pun rasanya relatif lebih mudah, tergantung dari skill dan dedikasi yang dimiliki pebisnis untuk terus berkembang. Saat ini, banyak produk dengan website atau situs sendiri sebagai alat yang digunakan untuk memasarkan produk. Ditambah lagi dengan kekuatan sosial media yang kuat, bisnis akan dengan mudah berkembang. Selain aspek orisinalitas produk dan skill yang dimiliki pebisnis, pemasaran produk sangatlah penting. Meskipun produk sangat orisinil, pemasaran yang tidak tepat bisa berisiko untuk bisnis.

Pembuatan website produk atau usaha yang dijalankan dapat menggunakan berbagai cara, salah satu cara termudah adalah dengan menggunakan sosial media. Akan tetapi, jika kita membuka website resmi dengan domain .net, produk akan lebih terjaga orisinalitasnya. Anda juga mempunyai hak penuh akan produk, kredibilitas produk meningkat, serta kontrol terhadap usaha menjadi lebih terasa.

Selain itu, menggunakan website resmi dengan .net sebagai salah satu TLD terpopuler, dapat menghemat waktu pemasaran produk, dapat dijadikan sarana katalog produk, menjangkau target pasar yang luas dan tentunya lebih menghemat modal untuk pemasaran. Jika Anda pengusaha kecil yang bermaksud membuat website resmi dengan domain seperti .net, Anda dapat mencari informasi melalui jawabkenapamudengan.net.

Seperti Muhammad Aga yang mendirikan Coffeesmith untuk menjawab pertanyaan mengapa kopi tak bisa menjadi sebuah seni. Menurutnya kopi memiliki karakter sendiri dimana perbedaan parameter dan teknik penyeduhan, akan menghasilkan kopi yang berbeda.

“Semua ini berawal dari kenapa. Akhirnya gue ceritain itu semua di coffeesmithjkt.net. Gue memiliki website ini untuk berkomunikasi dan mendistribusikan apa yang gue suka ke orang banyak bahkan dunia dan itu juga bisa membuat identitas Coffeesmith lebih dipercaya orang,” cerita Aga yang bisa Anda cek di https://youtu.be/8y9YXWrZTUI.