Tips Merawat Speaker Terbaik
Tips Merawat Speaker Terbaik

Komputer memiliki banyak manfaat untuk membantu pekerjaan. Saat anda menggunakan kompuer untuk bekerja, tidak lengkap rasanya jika tidak ditemani musik agar bekerja menjadi lebih santai dan menyenangkan. Agar musik yang diputar bisa dinikmati dengan kualias tinggi, maka anda tentu menggunakan speaker terbaik kesayangan di rumah anda. Speaker merupakan alat elektronik yang membutuhkan perawatan agar bisa digunakan dalam waktu lama. Berikut ini beberapa tips merawat speaker aktif dengan benar.

Pertama, kenali teknologi pada speaker aktif anda. dilihat dari segi desainnya speaker aktif dibedakan menjadi 2 jalur (2 way) dan 3 jalur (3way). Keduanya dapat dibedakan dari segi frekuensi yang dapat direpro, speaker aktif 2 way bermain di frekuensi rendah yaitu pada Bass dan tinggi pada tweeter. Sedangkan 3 way dapat membagi 3 sinyal yang berbeda mulai dari frekuensi rendah, medium dan tinggi. Hal ini membuat speaker aktif 3 way lebih banyak dipilih karena dapat menghasilkan kualitas suara lebih detail. Setelah anda mengetahui jenis speaker aktif ini maka anda dapat mengukur kemampuan speaker aktif anda.

Kedua, sesuaikan dengan selera musik anda. setiap jenis musik yang didengarkan memiliki karakter getaran yang berbeda-beda. Seperti pada musik rock lebih memunculkan suara gebukan bass, pada musik akustik lebih mengedepankan detail vokal dan film lebih mengedepankan detail suara. Untuk mendapatkan fungi ini speaker aktif 3 way lebih cocok, ketimbang anda memaksakan speaker 2 way yang memiliki daya kecil namun dipaksakan untuk menghasilkan gebukan bass lebih dari adegan film.

Ketiga, hindari menghubungkan kabel speaker dalam keadaan on. Secara umum speaker terdiri atas dua buah speaker sebelah kiri dan kanan. Salah satu diantaranya merupakan speaker pasif yang hanya mendapatkan sinyal dari amplifier yang koneksinya menggunakan kabel RCA. Jika anda akan menggunakan speaker aktif maka pastikan speaker pasif sudah terhubung dengan baik sebelum anda menyalakan speaker, karena jika anda menghubungkan speaker pasif pada saat speaker sudah menyala (on) maka akan terjadi groud loop yang biasanya menghasilkan suara dengung apalagi jika speaker memiliki daya tinggi dapat mengakibatkan kerusakan pada speaker.

Keempat, jangan menghidupkan perangkat elektronik berlevel rendah setelah speaker aktif menyala. Pada saat anda akan menggunakan speaker aktif untuk memutar suara dari DVD atau komputer, maka pada saat anda menghidupkan pemutar media usahakan speaker aktif dalam keadaan mati. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek feedback dari sumber suara yang dapat mengakibatkan kerusakan pada speaker aktif anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here