Tidak diragukan lagi jika pekerjaan para generasi muda sekarang ini lebih fleksibel. Pergi ke kantor bukan lagi menjadi idaman, sebab dari dalam rumah, kost-kostan, apartemen, atau di mana saja, pundi-pundi uang bisa dihasilkan dengan mudah. Programmer, gamer, blogger, copy writer, digital artis, editor, dan berbagai macam pekerjaan lainnya dapat dilakukan dan dikerjakan di mana pun Anda berada. Asalkan peralatannya ada, pekerjaan bisa dikirim dengan mudah lewat jaringan internet.

Akan tetapi, bekerja tanpa memiliki tempat sendiri memang kadang menjadi kendala. Contohnya saja ketika Anda bekerja di rumah. Gangguan-gangguan dari orang sekitar selalu ada meskipun mereka tidak sengaja melakukannya. Hasilnya, pekerjaan Anda jadi kurang maksimal karena banyaknya distraksi yang datang. Inilah mengapa, pekerja individu seperti Anda perlu tahu apa itu coworking space.

Coworking Space Tempat Berkumpulnya para Pekerja

Menurut pengertian secara umum, coworking space merupakan tempat bekerja untuk para pekerja di berbagai bidang dalam satu lokasi. Para pekerja ini terdiri dari perusahaan atau profesional di bidang yang berbeda-beda. Bisa dibilang, coworking space adalah kantor yang digunakan secara bersama oleh berbagai organisasi atau individu.

Perbedaan coworking space dari kantor pada umumnya adalah tidak adanya hirarki kepemimpinan. Tidak ada bos atau karyawan, karena mereka sama-sama bekerja untuk sesuatu yang berbeda dan membawa nama brand yang berbeda. Tidak heran jika coworking space biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan rintisan(start up) atau individu yang bekerja menjadi freelancer.

Coworking space lebih mengusung konsep komunitas, di mana sesama pekerja dapat saling berbagi ilmu maupun pengalaman. Terlebih jika coworking space tersebut menerapkan kriteria tertentu untuk para penyewanya. Misalnya, sebuah coworking space hanya menerima pekerja di bidang pembuatan aplikasi computer maupun hal-hal berbau programming. Atau, hanya menerima penyewa dengan bidang kerja digital art.

Hal tersebut akan membuat suasana kerja lebih kondusif karena pekerjaan yang digarap masih dalam bidang yang sama meskipun berbeda brand. Share pengalaman dan lain-lain juga jadi lebih mudah, dan tentu saja, dapat meningkatkan kualitas pekerjaan karena banyaknya relasi yang didapat dari coworking space tersebut.

Coworking Space Cocok untuk Generasi Milenial

Berbeda dengan generasi terdahulu yang dalam mengerjakan pekerjaan lebih konvensional. Generasi milenial, lebih akrab dengan dunia maya. Sebut saja pekerjaan masa kini yang banyak diincar para milenial, antara lain mereka lebih suka menjadi vlogger, Youtuber, Selebgram, content creator, penulis, bisnis online, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan sosial media, serta jaringan internet.

Mereka yang suka traveling, dan mendapat uang dari hal itu mungkin tidak butuh coworking space. Namun, bagaimana jika bekerja sebagai programmer, penulis, content creator, desainer freelance yang membutuhkan tempat bekerja yang tenang, sekaligus memiliki kecepatan internet memadai. Maka menyewa coworking space bisa menjadi salah satu pilihan.

Mungkin Anda bisa mengerjakannya di rumah maupun kafe-kafe dengan internet kencang, tetapi tidak ada komunitas yang terbangun dan gangguan-gangguan pekerjaan akan lebih besar. Berbeda jika bekerja di coworking space, karena sudah membayar dan memiliki teman yang sama-sama serius bekerja, hal tersebut akan memicu Anda untuk lebih produktif dan tidak menyia-nyiakan waktu.

Relasi yang terjalin dengan orang-orang di coworking space akan membuat produk Anda lebih dikenal dan bahkan menemukan solusi untuk mengembangkannya. Selain itu, meskipun saat bekerja Anda bisa sangat serius, tetapi pergerakan Anda juga lebih luwes karena suasana yang santai dan nyaman. Terlebih, sekarang ini banyak coworking space yang memiliki konsep ruangan yang tidak kaku seperti kantor pada umumnya.