Teknologi sudah membuat semua bidang semakin mudah dilakukan. Financial services termasuk bidang yang menjadi bukti perkembangan teknologi di dunia, salah satunya Indonesia. Anda pasti sudah merasakan bagaimana kemudahan yang didapat ketika menggunakan layanan finansialnya. Contohnya saja Anda tidak perlu lagi repot-repot ke ATM untuk melakukan transaksi perbankan karena cukup dari smartphone saja, Anda sudah bisa melakukannya.

Hal tersebut tentu memudahkan masyarakat, terutama yang berada di kalangan menengah ke bawah agar bisa lebih terbuka dengan financial services. Secara sadar atau tidak, Anda sudah menikmati layanan tersebut sejak beberapa tahun belakangan ini, apalagi BI sudah gencar-gencarnya meningkatkan teknologi keuangan di Indonesia.

Bagi Anda yang masih belum tahu layanan keuangan apa saja yang dipakai di masyarakat kekinian, berikut beberapa di antaranya.

  1. E-money

Cashless atau pembayaran yang dilakukan tanpa uang tunai menjadi kebiasaan yang sekarang sudah mulai kita rasakan. Salah satu bukti adanya cashless adalah dihadirkannya fasilitas e-money di berbagai macam transaksi. Sebagian dari Anda mungkin sudah merasakan membayar tanpa tunai ketika berbelanja di minimarket atau bahkan saat membayar taksi saja sudah bisa menggunakan e-money.

Uang elektronik ini sudah tidak jarang dihadirkan di pasaran, mulai dari pihak perbankan sampai seluler pun menggunakan financial service ini karena dinilai lebih praktis dan efesien. Anda bisa menggunakannya di berbagai macam layanan sehari-hari, seperti di restoran, pom bensin, dan masih banyak lagi.

  • Rekening ponsel

Sebagian orang tidak hafal dengan nomor rekening bank miliknya, sehingga sedikit-sedikit mereka harus membuka catatannya untuk melihat rekeningnya. Tapi Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada rekening ponsel yang membuat Anda hanya membutuhkan nomor HP untuk melakukan transaksi perbankan.

Sekarang ini hampir semua bank yang ada di Indonesia menyediakan layanan finansial ini agar mempermudah nasabahnya melakukan pembukaan rekening tabungan. Rekening ponsel biasanya sudah langsung terhubung dengan fasilitas uang elektronik atau e-money.

Fungsi dari rekening ponsel sama saja dengan rekening tabungan lainnya, seperti bisa melakukan setor dan tarik tunai tanpa harus menggunakan ATM, membayar tagihan apapun, serta transfer dana ke rekening manapun.

  • Tabungan digital

Dulu orang yang ingin membuka tabungan harus datang ke kantor bank dan menyerahkan berkas-berkas dokumen yang diperlukan. Hal tersebut terkadang merepotkan orang yang belum tentu memiliki waktu untuk bisa datang ke sana. Tapi, dengan adanya tabungan digital, Anda tidak perlu lagi datang ke kantor bank karena Anda bisa membuka rekening tabungan melalui smartphone saja.

Anda cukup mengunduh aplikasi bank terkait, lalu Anda ikuti saja instruksi selanjutnya dengan membuka rekening secara mandiri. Sangat mudah, bukan financial services ini?

  • Pinjaman online

Di saat terdesak, masyarakat membutuhkan pinjaman untuk memenuhi keperluan atau kebutuhan hidupnya. Biasanya mereka harus ke kantor bank atau tempat peminjaman uang lainnya agar bisa mendapatkan dana yang diinginkan. Tapi, agar masyarakat semakin mudah mendapatkan layanan meminjam uang, sudah ada beberapa perusahaan yang menyediakan pinjamannya secara online.

Anda tidak perlu lagi datang ke tempat peminjaman uangnya, karena Anda bisa mendapatkan melalui aplikasi pinjaman online saja. Layanan fintech satu ini memang sudah semakin menjamur beberapa tahun belakangan ini, karena sangat dibutuhkan, apalagi di saat terdesak dan tidak sempat keluar rumah.

Aplikasi pinjaman online juga memberikan macam kemudahan lain, yaitu diberikan tenor cicilan, sehingga tidak begitu memberatkan si peminjamnya.

Financial services lainnya yang bisa Anda gunakan yaitu multiintisarana.com. Perusahaan tersebut tidak hanya bergerak di bidang mining, transportasi, properti, atau digital bisnis saja, tapi juga layanan keuangan yang saat ini mulai dicari masyarakat. Tentu saja dengan adanya layanan tersebut, masyarakat Indonesia semakin terbantu dalam melakukan transaksi keuangan yang sama dengan sistem perbankan pada umumnya.