Fungsi protein dalam Makanan Tinggi Protein
Fungsi protein dalam Makanan Tinggi Protein

Aessina – Tubuh manusia memiliki kebutuhan yang memang harus terpenuhi secara sempurna supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia adalah protein. Protein adalah suatu makomolekul yang memang berfungsi sebagai zat pendorong dan pemabntu metabolise pada tubuh manusia. Maka dari itu protein sangat dibutuhkan oleh manusia untuk memperlancar bagian – bagian pada organ manusia tersebut. Nutrisi protein bisa kalian dapatkan dalam berbagai jenis makanan yang mengandung protein. Banyak jenis makanan tinggi protein yang bisa anda dapatkan di sekitar lingkungan anda sendiri.

Selain untuk membantu metabolisme protein juga mempunyai fungsi yang lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu setiap orang harus mengkonsumsi makanan tinggi protein sehingga bisa menjaga anda dari berbagai hal sesaui dengan fungsi dari protein tersebut.

Fungsi protein dalam Makanan Tinggi Protein
Fungsi protein dalam Makanan Tinggi Protein

Fungsi – fungsi protein tersebut adalah sebagai berikut ini :

Yang pertama protein sebagai sumber energi. Energi bukan hanya didapatkan dari karbohidrat saja atau dari lemak namun energi juga bisa didapatkan dari protein. Makanya untuk menambah energi pada tubuh manusia harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein.

Yang kedua protein sebagai pembentukan dan perbaikan sel dalam jaringan. Jaringan pada tubuh ini mengalami pembentukan salah satunya ketika sedang dalam masa pertumbuhan bayi sampai dewasa dan sedangkan perbaikan jaringan ketika kita sedang dalam terluka maka jaringan yang terluka itu akan tertutup kembali ini peran dari protein tersebut.

Yang ketiga protein sebagai sintesis, enzim dan antibodi. Ini yang paling penting terutama antibodi yang memang sangat dibutuhkan untuk pertahanan dari berbagai jenis penyakit yang akan datang.

Yang keempat protein sebagai pengatur keseimbangan kadar asam dalam sel. Kadar asam akan seimbang jika di bantu dengan adanya nutrisi yang bernama protein tersebut.

Yang kelima protein sebagai cadangan makanan. Nutrisi protein akan di simpan di dalam tubuh dan akan digunakan ketika akan di butuhkan. Misalkan ketika energi dalam karbohidrat dalam tubh sudah digunakan kemudian maju ke lemak dan selanjutnya sampai ke protein.