Faktor Penyebab Mata Kering Serta Cara Mengatasinya dengan Tepat

Untuk mendukung kenyamanan serta kualitas hidup sehari-hari, menjaga kesehatan mata adalah salah satu kuncinya. Meski begitu, ada saja permasalahan mata yang umum terjadi dan salah satunya adalah kondisi mata kering

Mata yang kering ini merupakan sebuah kondisi dimana mata kekurangan akan produksi air mata, atau mendapati kualitas air mata yang kurang baik. Pada artikel ini kami akan mencoba membahas tentang penyebab, serta cara mengatasinya dengan tepat. 

Penyebab Terjadinya Mata yang Kering

Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab terjadinya mata kering ini. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Aktivitas di depan layar gadget yang terlalu lama

Terlalu lama beraktivitas di depan layar gadget, secara otomatis akan mengurangi frekuensi kedipan, sehingga memicu terjadinya mata yang kering. 

  • Efek samping obat

Ada beberapa obat yang bisa menjadi faktor penyebab terjadinya mata kering. Seperti diantaranya antidepresan, antihistamin, dan obat-obatan tekanan darah.

  • Faktor lingkungan

Lingkungan berangin, kering, dan berdebu, dapat memicu terjadinya mata yang kering.

Cara Mengatasi Mata yang Kering

Untuk membantu mengatasi permasalahan mata yang kering ini, sejatinya bisa dilakukan sebagai berikut: 

  • Menggunakan Tetes Mata

Dengan meneteskan produk tetes mata seperti dari Insto misalnya, dapat membantu menjaga kelembaban pada mata Anda. Hanya pastikan saja Anda tidak melebihi dosis yang sudah dianjurkan ya!

  • Kompres dengan Air Hangat

Mengompres mata dengan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat, selain bisa memberi kelembaban juga bisa meredakan ketidaknyamanan pada mata Anda. 

  • Hindari Lingkungan Tertentu

Untuk mencegah terjadinya mata yang kering, bisa Anda lakukan dengan menghindari lingkungan dengan kondisi tertentu. Terutama, pada lingkungan yang cenderung kering, berangin, dan berdebu. 

  • Kurangi Durasi Menatap Layar

Sebisa mungkin perbanyak kedipan atau beristirahat sejenak ketika Anda sedang beraktivitas dengan gadget atau di depan meja komputer. Ini akan mencegah terkena permasalahan mata yang kering pada diri Anda. 

Dengan melakukan perawatan serta langkah pencegahan yang tepat, Anda dapat terhindar dari permasalahan mata kering ini. Jikalau gejalanya semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter mata terdekat untuk mendapatkan evaluasi lanjutan. 

Semoga bermanfaat!