5 Cara Mengukur Cincin Berlian Solitaire untuk Pertunangan

Cincin umumnya dipakai oleh wanita, meski ada pula pria yang memakainya dengan berbagai alasan. Sedangkan cincin berlian solitaire lebih banyak dipakai wanita sebagai cincin pertunangan. Cincin ini digunakan Alan digunakan seumur hidup.

Hanya saja, karena cincin pertunangan dipilihkan oleh pihak lelaki. Terkadang ada kesulitan untuk menentukan ukuran yang tepat. Sehingga sebelumnya pihak lelaki harus mengetahui dengan tepat ukuran jari sang calon istri.

Cara Menghitung Ukuran Cincin Berlian Asli Wanita

Sama seperti ukuran pakaian ataupun sepatu, cincin juga memiliki standar sendiri. Pada saat ini skala yang sering digunakan untuk mengukur cincin adalah skala Indonesia dan skala Amerika.

Besaran angka yang ada pada kedua skala ini sendiri tidak jauh berbeda. Hanya ada selisih sekitar 0,35 mm. Jadi pembeli tidak perlu risau ketika memilih cincin berlian asli di toko perhiasan yang menggunakan skala berbeda.

Rata-rata ukuran jari wanita Indonesia berada di angka 12,5 mm skala Indonesia. Sedangkan jari pria berkisar 17 mm skala Indonesia. Lebar cincin yang digunakan juga berpengaruh dalam ukuran cincin ini.

Bagi Anda yang ingin membeli cincin tunangan solitaire, tentu akan sedikit kesulitan memilih cincin jika tidak tahu ukuran yang tepat. Jika terlalu besar, cincin bisa jatuh kapan saja. Namun, jika terlalu sempit bisa mengakibatkan aliran darah terhambat.

Agar cincin yang dibeli tepat ukurannya, Anda dapat t menggunakan beberapa cara di bawah ini:

Ring Sizer

Setiap toko perhiasan tentu menyediakan ring sizer untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Dengan alat tersebut, pembeli bisa mengetahui dengan tepat ukuran jati mereka. Namun, tidak ada salahnya membeli ring sizer sendiri, apalagi jika ingin memberi hadiah kejutan berupa cincin pada orang yang istimewa.

Kertas 

Kertas merupakan benda yang paling mudah ditemui di berbagai tempat. Anda tidak membutuhkan kertas dalam jumlah banyak. Cukup selebar 2-3 cm saja dan panjang sekitar 15 cm. Lilitkan kertas tersebut pada jari yang diinginkan, lalu beri tanda dengan menggunakan bolpoin atau pensil. 

Setelah diberi tanda, lepas cincin lalu ukur dengan penggaris. Oleh karena penggaris kebanyakan menggunakan satuan cm, Anda bisa menggunakannya dengan angka 10. Di situ akan jelas terlihat berapa ukuran cincin yang dibutuhkan. 

Pita Ukur

Menggunakan pita ukur jelas lebih mudah dibanding menggunakan kertas. Pita yang kerap ditemukan pada penjahat ini cukup dilingkarkan pada jari manis atau jari lain. Kemudian kalikan hasilnya dengan angka 10. 

Benang

Jika tidak ada kertas maupun pita ukur, Anda masih bisa memanfaatkan benang untuk mengukur jari. Lingkarkan benang pada jari, setelah cukup ketat, segera potong benang dengan gunting. Lalu ukur berapa panjang benang tersebut menggunakan penggaris untuk mengetahui ukuran cincin. 

Menggunakan Cincin Lama

Jika menginginkan cara yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan cincin lama. Namun, cincin lama ini bisa saja memiliki ukuran yang berbeda dengan keadaan sekarang. Bisa lebih longgar atau justru lebih sempit di jari. 

Saat mengukur ukuran jari, sebaiknya jangan pada kondisi demam atau kedinginan. Pasalnya kedua keadaan ini membuat jari berukuran lebih besar, bisa pula lebih kecil. Sediakan pula ruang untuk buku jari, sehingga cincin bisa dilepas pasang dengan mudah. 

Mondial store menyediakan banyak perhiasan dari berlian, seperti cincin berlian solitaire, anting, kalung maupun gelang. Setiap perhiasan yang ada memiliki desain unik, memberi kesan istimewa dibanding toko perhiasan lain. Semua berliannya pun dilengkapi dengan sertifikat keaslian berlian.