kuliah kelas karyawan di jakarta
Pendidikan

5 Cara Sukses Membagi Waktu Antara Bekerja dan Kuliah

Ada banyak alasan yang membuat seseorang enggan melanjutkan pendidikan tinggi seperti keterbatasan ekonomi, keinginan langsung terjun ke dunia kerja, tidak punya minat di bidang akademik, dan lain-lain. Padahal pendidikan masih menjadi syarat utama untuk mendapatkan karir yang lebih baik. Apalagi Indonesia masih menerapkan ijazah tertentu untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Anda yang berstatus pekerja tetap bisa mendapatkan pendidikan tinggi dengan memilih kuliah kelas karyawan di Jakarta, lho! 

Membagi Waktu Antara Bekerja dan Kuliah

Meskipun Anda bisa lebih fokus pada pekerjaan karena menuntut tanggung jawab besar, Anda tetap bisa mendapatkan kemudahan menjalani kuliah dengan kurikulum yang disesuaikan. Agar bekerja dan kuliah kelas karyawan bisa berjalan seimbang, sebaiknya Anda menerapkan tips membagi waktu antara bekerja dan kuliah karyawan berikut ini.

kuliah kelas karyawan di jakarta
kuliah kelas karyawan di jakarta

Memastikan pihak perusahaan memiliki pengertian 

Ada baiknya Anda memberikan informasi kepada bagian HRD atau atasan tentang keputusan untuk kuliah. Setidaknya perusahaan bisa memberikan pengertian dengan memberikan kompensasi waktu atau tugas di kantor. Perusahaan bisa saja mendukung Anda untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Apalagi Anda yang mungkin mengambil jurusan kuliah yang selaras dengan pekerjaan di kantor. 

Memiliki pengaturan waktu yang baik 

Anda harus membuat daftar prioritas kegiatan apa saja yang harus dilakukan setiap hari. Luangkan waktu minimal 5-10 menit untuk mencatat kegiatan apa saja yang wajib Anda lakukan setiap harinya. Buat peraturan ketat untuk selalu konsisten dalam mematuhi daftar prioritas tersebut. 

Anda harus pandai mengatur waktu antara bekerja dan kuliah agar pekerjaan di kantor tidak terbengkalai dan sebaliknya. Pilih kampus yang benar-benar bisa memberikan jadwal yang tidak bentrok dengan jam kerja Anda. 

Menghitung biaya kuliah 

Hal vital yang tidak boleh Anda abaikan saat memutuskan untuk mengikuti program kuliah kelas karyawan di Jakarta adalah biaya pendidikan. Kalau Anda mendapatkan kompensasi biaya dari perusahaan, keputusan kuliah tidak perlu memikirkan masalah finansial lagi. 

Namun, Anda yang harus membayar biaya kuliah sendiri, harus punya perhitungan matang. Jangan sampai terlalu memangkas banyak kebutuhan untuk biaya kuliah sehingga pekerjaan dan hidup Anda berantakan. Pilih kampus yang menyediakan prodi terbaik dengan biaya yang terjangkau alias sesuai kantong Anda. 

Memilih jurusan yang sesuai dengan passion

Banyak kasus orang yang bekerja tidak sesuai jurusan pendidikan. Sebelum mengambil jurusan kuliah, Anda harus memilih jurusan yang benar-benar sesuai minat. Kalau Anda menyukai pekerjaan yang dilakoni sekarang, tidak ada salahnya mengambil jurusan kuliah yang linear dengan profesi. Tidak menutup kemungkinan kalau Anda bisa mendapatkan karir dan masa depan lebih cerah kemudian hari. 

Memastikan diri siap dalam menjalani pekerjaan dan kuliah 

Anda butuh performa yang benar-benar bagus sebelum siap menjalani rutinitas sebagai pekerja dan mahasiswa. Kesehatan Anda menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan agar Anda tetap bugar menjalani aktivitas pagi hari, sedangkan malam lanjut kuliah atau mengikuti program kuliah Sabtu-Minggu. 

Kesiapan fisik dan mental akan menjaga semangat Anda untuk menjalani kehidupan yang lebih berat. Namun, perjuangan yang Anda lakukan sekarang tidak akan sia-sia. Di era teknologi yang semakin modern, Anda butuh pengalaman dan wawasan luas untuk bisa bersaing dengan kompetitor lain. 

Fokuskan pikiran Anda pada hal positif agar bisa menjalani kegiatan ganda secara optimal, ya! Pilih kuliah di IDS Digital College yang menawarkan kuliah kelas karyawan di Jakarta yang murah dan berkualitas. Wujudkan cita-cita terbaik Anda dengan bergabung bersama kami, yuk!