kerja sambil kuliah
kerja sambil kuliah

Bagi beberapa orang, rutinitas bekerja dari hari Senin hingga Jumat sudah terasa sangat melelahkan. Namun diantara itu semua masih banyak orang yang juga kerja sambil kuliah demi mengejar cita-cita yang dia inginkan. Mungkin Anda pun termasuk generasi milenial yang terus berusaha untuk mendapatkan pendidikan terbaik demi meraih mimpi. Meskipun menyita begitu banyak waktu untuk kegiatan ekstra seperti ini, namun bukan berarti Anda lantas putus asa dan menyerah begitu saja. 

Apalagi sekarang sudah semakin banyak kampus yang memberikan kelas khusus bagi karyawan atau semacamnya, sehingga membuat Anda lebih fleksibel lagi dalam mengemban pendidikan perkuliahan, dimana Anda bisa memilih sendiri waktu terbaik untuk Anda mengikuti perkuliahan tersebut. 

kerja sambil kuliah
kerja sambil kuliah

(source:https://1.bp.blogspot.com/-IzDmUWQUY3A/XbJgqWZoPeI/AAAAAAAAC9g/nuxmfIl-RWcPvez7jcSyVBEtM2Sr8BiiQCLcBGAsYHQ/s640/8%2BCara%2BMenghadapi%2BRekan%2BKerja%2BYang%2BJahat.jpg)

Sayangnya, dukungan dari kampus saja tidak cukup untuk membuat Anda tetap semangat kuliah sambil bekerja, maka dari itu, kali ini IDS Digital College akan membagikan sedikit tips tentang bagaimana cara yang baik agar tetap bisa kerja sambil kuliah bagi para milenial.  Penasaran seperti apa? Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Saatnya membuat aturan jadwal harian 

Agar semuanya berjalan seimbang antara pekerjaan dan kuliah, maka Anda dituntut agar dapat membuat jadwal harian yang dapat menyesuaikan antara kerja dan kuliah. Cobalah untuk membuat daftar atau jadwal perkuliahan Anda di hari apa saja dan di jam berapa. Kemudian, Anda juga bisa membuat daftar pekerjaan yang disusun secara rapi berikut dengan durasi pengerjaannya. 

Jika semua sudah dibuat, maka saatnya untuk mencocokkan keduanya untuk menghasilkan kesimpulan di waktu manakah Anda lebih luang dan dapat mengikuti perkuliahan. Jika sudah memahami polanya, maka terapkan hal tersebut setiap harinya. 

2. Tahan dulu selera untuk berlibur 

Semua pekerja pasti akan mengalami penat selama bekerja dan ingin pergi berlibur demi menghilangkan stres. Namun bagi orang yang mengejar cita-citanya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, sepertinya hal tersebut harus ditahan terlebih dahulu. Liburan Anda bisa digantikan dengan kegiatan perkuliahan  yang santai dan bersenda gurau bersama teman kuliah. 

Percayalah, jika Anda sudah menyelesaikan perkuliahan, dan mendapatkan gelar yang diinginkan, maka Anda bisa berliburan dengan lebih menyenangkan, dan dengan rasa puas yang luar biasa. Disinilah Anda harus benar-benar bersenang senang. 

3. Cari perkuliahan dengan sistem online 

Dengan kemajuan digital saat ini membuat banyak kampus telah melakukan peningkatan terhadap pelayanan perkuliahannya termasuk dengan sistem online yang dijalankan. Sistem perkuliahan online ini sangat membantu bagi orang-orang yang kerja sambil kuliah, apalagi bagi generasi milenial yang sudah sangat paham dengan era digital.  Sebut saja seperti sistem absen, sistem penilaian, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan dokumen perkuliahan yang bisa dikerjakan melalui jarak jauh tanpa harus bolak-balik menuju kampus. 

4. Buat prioritas harian 

Jika di poin satu tadi Anda diharuskan membuat jadwal dan mencocokkannya, maka sekarang Anda dituntut untuk membuat sebuah prioritas setiap hari antara kuliah dan kerja. Dengan begini, Anda bisa memahami bahwa hal-hal apa saja yang harus dikerjakan terlebih dahulu sesuai kepentingannya, apakah pekerjaan kantor, atau tugas kuliah. 

Sistem dan prioritas ini sangat berguna bila Anda mendapatkan dua pekerjaan sekaligus antara kantor dan perkuliahan, sehingga Anda bisa dengan mudah menentukan mana yang lebih penting untuk dikerjakan terlebih dahulu. 

5. Manfaatkan waktu santai untuk beristirahat 

Dengan begitu banyak kegiatan yang Anda lakukan setiap harinya, maka Anda pun dituntut lebih cermat dalam memperhatikan kondisi tubuh serta kesehatan. Jangan sampai kegiatan ekstra kerja sambil kuliah ini membuat Anda lelah dan merusak segalanya. Maka dari itu, jika Anda mendapatkan hari-hari yang senggang atau santai, ada baiknya Anda memanfaatkan hal tersebut untuk benar-benar beristirahat secara total. 

Demikianlah penjelasan singkat tentang tips bekerja sambil kuliah bagi generasi milenial saat ini. Bagi Anda yang bercita-cita menjadi seorang ahli informatika yang handal namun terkendala pekerjaan saat ini, maka sesuai dengan tulisan ini, Anda pun bisa bekerja sambil kuliah bersama IDS Digital College. 

Disini, para generasi milenial bisa mendapatkan pendidikan terbaik mengenai Software Engineering , Cyber Security, Serta Apps Development yang sedang tren saat ini dengan semakin majunya teknologi digital.  Untuk informasi lebih lanjut, silahkan langsung mengunjungi website ids.ac.id sekarang juga! 

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat