Milenial
Milenial

Masih banyak orang tidak mau atau bahkan tidak tahu bagaimana cara mengatur keuangan yang benar. Padahal dengan manajemen tepat, tidak perlu lagi meminjam atau bahkan kesulitan membayar utang. Apalagi di jaman milenial kini segalanya serba praktis dan mudah, didukung teknologi canggih yang mengubah kebiasaan. 

Milenial
Milenial

source: https://lh3.googleusercontent.com/proxy/ouUTm10CjjZX2QFEFTWip0SyUpkyILYccAbyLJbF4orSRRCKBq5atPA-fSAgiJQYO9FkVZoPBy8QFb6M2iPabccrfFmzKEmwmXMboEat0XqjgosfCbfK2RoGMA

Pentingnya Manajemen Keuangan

Sebelumnya penting untuk dipahami bagaimana cara mengatur keuangan yang sederhana namun bermanfaat dalam jangka panjang. Tak hanya orang kantoran yang memiliki penghasilan per bulan, pebisnis, bahkan anak sekolah pun sebenarnya wajib menguasainya. Sebab tak bisa dipungkiri, kadang ketika memegang uang, maka keinginan belanja lebih besar dan berujung dengan penyesalan. 

Nah, untuk itulah manajemen keuangan dibuat segera mungkin, agar dana jelas mengalir ke mana saja dan tetap bisa menyisihkan sebagian. Baik untuk dana darurat, tabungan, atau investasi lainnya yang menguntungkan di masa depan. Seperti deposito, tabungan emas, ataupun jenis investasi lainnya.

Cara Simpel Manajemen Keuangan

Masyarakat milenial kini tersedia banyak sekali cara mengatur keuangan, mulai dari cara konvensional dengan buku dan tempat khusus. Walau agak merepotkan dan butuh ketelitian agar tak salah hitung, mencatat detail pendapatan dan pengeluaran setiap hari akan membantu. 

Kuncinya adalah dengan menetapkan dana untuk setiap sektor dan jangan diganggu. Misalnya untuk bisnis harus terpisah dari pribadi. Hitung biaya untuk konsumsi, pembayaran listrik, air, dan lain-lain juga di alokasikan secara khusus.  

Hingga cara canggih dan praktis, yakni menggunakan smartphone, pada dasarnya menggunakan pencatatan dan pos anggaran yang sama dengan konvensional. Hanya saja lebih mudah, praktis, akurat, dan aman. Seperti aplikasi Jenius dari BTPN yang mudah dan aman. Pendaftarannya simpel tanpa perlu ke kantor cabang terdekat, dana tetap aman karena diawasi oleh OJK. 

Prioritaskan Menabung dan Berinvestasi

Menabung melalui Jenius pasti menguntungkan, karena bunga tabungan setara dengan deposito hingga 4 persen. Selain itu, ada banyak kemudahan dan promo menarik yang sayang untuk dilewatkan. Contohnya diskon di berbagai e-commerce maupun toko offline tertentu, hanya menggunakan kartu debit virtual.

Apalagi tren belanja Online semakin diminati masyarakat milenial sekarang, top up dompet elektronik lebih cepat, mudah, dengan nominal yang lebih fleksibel. Butuh uang segera, aplikasi ini juga bisa cairkan dana kapan saja dengan cepat tanpa perlu dokumen tambahan maupun biaya lainnya.