kuliah kelas karyawan
kuliah kelas karyawan

Meskipun sudah bekerja, namun ada tidak sedikit orang yang dituntut untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Biasanya mereka yang hendak naik jabatan tertentu membutuhkan pendidikan tambahan. Karena sebagian besar waktu sudah dihabiskan untuk bekerja, salah satu cara untuk menempuh pendidikan lebih lanjut adalah dengan mengikuti kuliah kelas karyawan. Kuliah dengan metode seperti ini menjadi pilihan banyak orang karena jam perkuliahan yang lebih fleksibel dan tidak menganggu pekerjaan.

Ada banyak universitas yang menawarkan kelas karyawan seperti Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana. Agar tidak salah pilih, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih universitas untuk kuliah kelas karyawan. 

kuliah kelas karyawan
kuliah kelas karyawan

Perhatikan sistem perkuliahan

Faktor pertama yang perlu diperhatikan adalah universitas, sebagai penyelenggara pendidikan, harus sudah memenuhi kriteria yang ditentukan untuk program perkuliahan. Kampus yang membuka program perkuliahan khusus karyawan seperti STMIK IDS sudah menyesuaikan program penyelenggara pendidikan sesuai dengan tuntutan dunia kerja seperti waktu dan jadwal kuliah, kurikulum, hingga metode perkuliahan. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan apakah universitas yang dipilih sudah terdaftar di pemerintah dan mempunyai akreditasi yang baik. Sehingga nantinya ijazah yang diterima tetap bisa digunakan dan diterima di dunia kerja. 

Jaringan universitas luas

Salah satu keutungan kuliah kelas karyawan adalah mendapatkan jaringan atau koneksi yang luas. Universitas yang dipilih untuk kuliah sambuil kerja juga sebaiknya mempunyai jaringan yang luas. Sehingga anda bisa turut mengembangkan relasi dan karier selama masa perkuliahan. Selain itu, anda juga berkesempatan untuk bertemu dengan karwayan dari perusahaan lain yang juga sedang mengambil kelas karyawan yang sama. Anda busa menggunakan kesempatan tersebut untuk menambah relasi. 

Jurusan yang bervariasi

Selain reputasi dan koneksi kampus, faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah jurusan yang disediakan. Tidak semua universitas menyediakan kelas karyawan untuk semua jurusan. Beberapa kampus hanya membuka kelas karyawan untuk jurusan-jurusan yang banyak diminati saja. Oleh karena itu, anda harus memilih kampus yang menawarkan jurusan yang bervariasi, Sehingga anda bisa bebas memilih jurusan sesuai dengan bakat dan minat. Bila kampus memang menyediakan jurusan yang terbatas, anda bisa memilih jurusan yang sekiranya sesuai dengan bidang kerja saat ini sehingga ilmu yang didapat bisa langsung diterapkan di dunia kerja. 

Ketersediaan beasiswa

Meskipun kuliah karyawan tidak mengharuskan anda untuk duduk di kelas selama hari perkuliahan yang efektif, namun masalah biaya tetap saja tidak bisa dianggap sepele. Anda tetap harus merencanakan biaya kuliah dengan seksama meski mengikuti kelas karyawan. Untuk meringankan beban biaya, anda bisa mencari kampus yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswanya. Mengikuti program beasiswa ini bisa membantu anda untuk meringankan biaya kuliah. 

Keringanan biaya kuliah

Masih berkaitan dengan masalah biaya, anda bisa memilih kampus yang memberikan keringanan pada mahasiswa seperti biaya kuliah yang bisa dicicil. Dengan begitu anda mempunyai beberapa waktu untuk menabung yang digunakan untuk biaya kuliah. Mencicil biaya kuliah akan sangat membantu anda untuk mengatur keuangan. 

Meski memilih kelas karyawan, namun setidaknya anda harus memilih universitas yang bagus. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan perkuliahan yang setara dengan kelas reguler. Sehingga anda bisa mendapatkan ilmu dan hasil yang sama-sama memuaskan meski mengikuti kelas pada malam hari atau akhir minggu saja.