pengembangan industri di indonesia
pengembangan industri di indonesia

Era digital mempermudah siapa saja untuk mengakses berbagai kebutuhan. Dengan adanya internet, semua dapat terkoneksi satu sama lain, tak terkecuali untuk urusan perut yakni makanan dan minuman. Berbagai upaya strategis dilakukan, mengingat makanan dan minuman juga menjadi fokus utama dalam pengembangan industri di Indonesia

Menjadi salah satu sektor andalan Indonesia, industri makanan dan minuman saat ini mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dibantu adanya teknologi. 

Hadirkan Inovasi Berupa Aplikasi

Teknologi seakan hadir sebagai solusi, berbagai permasalahan dapat terselesaikan dengan adanya teknologi, bahkan ketika merasa lapar sekalipun. Sektor industri di bidang kuliner di Indonesia mengalami perkembangan, cara-cara konvensional kini mulai ditinggalkan. 

pengembangan industri di indonesia

Saat ini bermunculan banyak aplikasi penyedia layanan jasa antar makanan dan minuman yang diciptakan oleh sektor swasta, beberapa diantaranya berasal dari dalam negeri. Melalui aplikasi, membantu berbagai kalangan penjaja kuliner. Baik skala besar seperti yang telah berbasis korporasi dan skala kecil seperti rumah makan, untuk berkembang. 

Dengan menghadirkan inovasi berupa aplikasi, produsen dan konsumen kini menikmati berbagai kemudahan. Alhasil, dari inovasi ini secara tidak langsung telah membantu pengembangan industri di Indonesia.

Peran Pemerintah dalam Pengembangan Industri Makanan dan Minuman

Saat ini indeks global bidang riset dan inovasi industri menyatakan bahwa Indonesia masih berada pada posisi ke 80 dari seluruh negara di dunia. Peringkat ini membuat pemerintah terus berupaya menghadirkan inovasi dengan membantu menyusun langkah strategis agar industri makanan dan minuman Indonesia memiliki daya saing pada pasar global. 

Beberapa diantaranya adalah dengan melakukan pelatihan pada lembaga pendidikan, dan mengadakan program pembinaan dan pengembangan SMK berbasis kompetensi yang match dengan industri. Upaya ini dilakukan untuk menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dan terampil, sehingga diharapkan dapat mendongkrak nilai ekspor produk makanan dan minuman. 

Demikian hal-hal yang perlu diketahui mengenai pengembangan industri di Indonesia pada sektor makanan dan minuman. Kebutuhan akan makanan dan minuman yang tinggi menjadikan industri yang bergerak di bidang makanan dan minuman ini semakin pesat berkembang.