Pengertian dan 5 Kelebihan Digital Marketing Demi Pemasaran Produk

Semenjaknya masivnya internet merambah seluruh lapisan, melakukan pemasaran suatu produk seakan menjadi lebih mudah. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan suatu produk melalui digital marketing.

Mungkin Anda pernah memperhatikan suatu produk yang begitu gencar untuk dikenalkan melalui internet. Entah itu melalui Website, sosial media ataupun sebuah aplikasi. Ini adalah salah satu cara dalam penerapan digital marketing.

Pengertian dan Kelebihan Digital Marketing

digital marketing

Digital marketing adalah sebuah cara yang ditempuh atau strategi untuk memperkenalkan sebuah produk kepada khalayak ramai. Gunanya tentu saja untuk mendongkrak penjualan dari produk tersebut. Hanya, caranya adalah melalui internet atau dunia digital.

Penggunaan dunia digital dalam pemasaran dirasa mampu menjangkau masyarakat yang lebih luas. Bukan hanya konsumen yang telah mengenal produk tersebut, tetapi juga calon konsumen baru.

Dalam pemasaran digital sendiri, ada beberapa teknik yang biasa dikenal, seperti:

  • Menggunakan teknik SEO ( Search Engine Optimization)
  • Melakukan periklanan melalui Google Ads dan FB Ads
  • Mengirim email marketing
  • Mobile marketing
  • Memasang iklan melalui radio dan televisi
  • Memasang iklan melalui media cetak, dll.

Kelebihan Menggunakan Teknik Digital Marketing untuk Memperkenalkan Produk

Sudah banyak perusahaan, baik skala kecil maupun besar, yang telah mempercayakan promosi produknya dengan menggunakan pemasaran digital. 

Hal ini tentu saja karena banyak yang telah mendapatkan pengalaman dan keuntungan yang sangat besar, jika memperkenalkan produk dengan teknik ini. 

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh teknik pemasaran ini, yakni:

Menyebar dengan cepat

Memperkenalkan produk dengan strategi pemasaran yang menggunakan media digital lebih menyebar dengan cepat. 

Saat ini, siapa yang tidak memiliki smartphone dalam hidupnya? Hampir seluruh orang di lapisan masyarakat kini telah menggunakan alat komunikasi pintar ini. Seperti yang kita ketahui, dalam smartphone sendiri terdapat search engine dan sosial media dan memiliki akun di dalamnya.

Inilah mengapa, sebuah produk bisa menjangkau lebih banyak orang melalui dunia digital.

Memudahkan evaluasi

Berbeda halnya dengan pemasaran konvensional, melakukan pemasaran melalui dunia digital membuat Anda dapat langsung mengevaluasi kampanye produk yang dilakukan. Hal ini bisa dilihat dari berapa lama iklan yang ditayangkan telah ditonton, berapa banyak orang yang telah melihat, berapa banyak orang yang telah berinteraksi dengan kampanye tersebut, dan beberapa hal lain yang bisa diperhatikan dari iklan produk tersebut.

Dari data yang didapat, Anda bisa melakukan evaluasi secara langsung dan kapanpun. Dapat mengetahui iklan yang buruk dan baik, sehingga kedepannya bisa memperbaikinya.

Jangkauan luas

Seperti yang telah dikatakan, setiap orang kini menggunakan internet dengan genggaman, melalui smartphone. Sehingga, melakukan iklan dengan dunia digital akan mampu menjangkau konsumen yang lebih luas. Bahkan di daerah terpencil sekalipun.

Lebih efektif dan murah

Pemasaran digital tidak melulu menggunakan pihak ketiga untuk memasarkan produk Anda, seperti penggunaan Google Ads dan FB Ads, meski hal ini akan lebih merambah lebih luas pemasaran.

Dengan menggunakan sosial media yang Anda miliki saja, Anda sudah bisa memperkenalkan produk. Sehingga, biaya yang dikeluarkan pun menjadi lebih murah dan efektif.

Menurut beberapa opini dari pengusaha kecil yang telah menggunakan dunia digital sebagai alat pemasarannya, biaya yang dianggarkan untuk melakukan kampanye suatu produk bisa ter-reduce hingga 40 persen dari pemasaran biasa.

Branding brand

Dengan pemasaran menggunakan marketing digital, Anda juga bisa membangun image brand yang diinginkan. Memperkenalkan brand dan produk yang dimiliki agar bisa diketahui oleh masyarakat. 

Mengapa penting untuk melakukan branding brand? Tidak lain demi menjaga eksistensi brand tersebut agar mudah dilakukan pencarian secara online. Masyarakat juga lebih mengenal produk yang coba Anda kenalkan secara lebih detail. 

Ini akan membangun kedekatan kepada konsumen yang coba Anda sasar. 

Demikian pengertian dan kelebihan dari digital marketing yang dapat mengangkat nilai dan penjualan produk Anda. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan pemasaran digital sendiri, bisa bekerjasama dengan Diginet yang telah teruji dan memiliki banyak klien yang merasa puas dengan pekerjaan mereka.