business trip
business trip

Perjalanan dinas bukanlah perjalanan yang dilakukan untuk liburan. Meski tujuan perjalanan tersebut adalah kota atau negara dengan banyak tujuan wisata, tetap saja maksud utamanya untuk menyelesaikan pekerjaan. Maka rangkaian perjalanan dinas sudah jelas akan berbeda jauh dibanding rangkaian perjalanan wisata. Perjalanan dinas atau business trip harus lebih tertata dan terjadwal.

Ada sisi yang sama antara perjalanan wisata atau berlibur dengan perjalanan dinas, yaitu persiapan. Tetap ada banyak yang harus dipersiapkan untuk perjalanan dinas terutama keperluan pekerjaan. Sementara untuk persiapan lain, beberapa hal mungkin akan berbeda. Untuk lebih jelasnya dan biar tidak salah dalam persiapan, simak penjelasan berikut ini.

business trip
business trip

Barang Bawaan

Untuk semua jenis perjalanan, barang bawaan adalah hal yang utama harus dipersiapkan. Ketika melakukan perjalanan liburan, Anda hanya perlu menyiapkan pakaian santai. Sedangkan untuk perjalanan dinas, Anda juga harus membawa pakaian yang bernuansa formal. Barang lain juga harus dipersiapkan untuk keperluan dinas agar pekerjaan jadi lancar.

Dokumen Perjalanan

Persiapan dokumen perjalanan jelas akan berbeda antara perjalanan dinas di dalam negeri dan di luar negeri. Dokumen pelengkap akan semakin banyak jika yang dituju adalah negara lain. Pastikan untuk menyiapkan dokumen perjalanan ini secara teliti. Karena kesalahan kecil bisa berisiko menganggu seluruh rencana perjalanan dinas atau business trip.

Aplikasi Jenius

Di antara banyaknya yang perlu dipersiapkan untuk perjalanan dinas, aplikasi Jenius harus masuk di antaranya. Mengapa harus aplikasi Jenius? Karena aplikasi ini akan sangat membantu Anda selama perjalanan dinas. Jenius menyediakan layanan m-Card yang bisa dipakai untuk semua transaksi.

Anda tak perlu repot lagi ketika berada di luar negeri karena masih bisa belanja dengan leluasa. Jenius juga dilengkapi dengan fitur saldo dalam mata uang asing. Jenis mata uang asing bisa diubah sewaktu-waktu. Di mana saja Anda berada, fitur ini akan memberikan informasi yang jelas tentang berapa saldo yang Anda miliki.

Aplikasi Jenius dikenal sebagai pengatur keuangan modern. Anda bisa menggunakan aplikasi Jenius untuk menabung yang bisa ditujukan secara khusus untuk keinginan tertentu. Sedangkan untuk keperluan business trip, manfaat Jenius sudah tidak perlu diragukan lagi.