Jasa dari sebuah data center, merupakan salah satu ruangan atau dimana ditujukan untuk dapat meletakkan berbagai perangkat dari sebuah jaringan server yang sudah memiliki skala yang besar. Bahkan dalam hal ini, sangat baik untuk dapat menyimpan berbagai sistem operasi untuk aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan.

Namun data ini juga harus didukung dengan beberapa infrastruktur dari gedung, yang mana sudah memiliki standar yang tinggi karena memang data center yang harus selalu di akses secara terus-menerus oleh banyak orang. Berikut adalah jenis atau berbagai layanan yang dimiliki oleh jasa data center.

Co-Location Data Center

Layanan yang mana dimiliki oleh penyewaan ruang server infrastruktur baik untuk sebuah operator yang aman menjadi sebuah telekomunikasi perusahaan atau jasa aplikasi online sendiri. Dalam hal ini, layanan ini juga mencakup banyak seperti membantu banyak UKM yang mana sedang berkembang menjadi ke arah perusahaan yang besar.

Selain mencakup banyak kegiatan, dalam hal ini layanan ini memiliki keuntungan. Salah satu keuntungan yang dimilikinya adalah, dapat membantu untuk dapat menghemat modal yang dimiliki dan juga biaya operasional yang akan di keluarkan. Banyak saat ini colocation di Indonesia, semakin banyak dibutuhkan dan membuat layanan jasa data center berlomba untuk menyajikan perluasan gedung dalam data center.

Disaster Recovery Services

Layanan lainnya yang mana juga disediakan oleh data center, adalah Disaster Recovery Services. Jasa ini tentunya akan membantu untuk dapat menyediakan berbagai solusi untuk persiapan dalam menghadapi gangguan aktivitas operasional dari IT perusahaan. Hal tersebut tentunya dapat berupa banjir, demo dan menyebabkan kerusuhan.

Selain itu juga disebabkan karena faktor luar, seperti gempa bumi, longsor, hingga bencana alam lainnya. Nantinya layanan ini juga akan membantu anda, untuk dapat menyimpan berbagai penempatan perangkat IT yang dimiliki perusahaan, hingga menyediakan ruang untuk penyimpanan data yang mana dapat selalu anda akses setiap saat jika dibutuhkan.

Bahkan layanan lainnya yang mana disediakan oleh data center ini, adlaah juga menyediakan kantor sementara yang dapat digunakan jika bencana alam terjadi atau membutuhkan data center untuk perusahaan sendiri.

Jasa Managed Service

Layanan yang satu ini memberikan layanan, dimana manajemen perangkat dari jaringan, monitoring untuk jaringan, load balance untuk jaringan, hingga keamanan yang dimiliki server dan juga jaringan terjaga. Walaupun memang pada umumnya perusahaan yang sudah besar, biasanya memiliki team IT sendiri namun dalam hal ini selalu bekerjasama dengan team IT yang dimiliki oleh data center agar terus menguatkan operasional sistem informasi yang dimiliki.

Dedicated Server

Tidak kalah baik dengan layanan yang lainnya, dalam hal ini layanan yang juga dimiliki oleh data cender adalah dedicated server. Layanan ini tentunya memberikan layanan hosting, yang mana tidak memiliki campuran atau ikut campur dengan pelanggan lainnya. Hal ini juga yang membuat keamanan, aksesbilitas, hingga kecepatan dan juga kestabilan dapat tetap terjaga.

Selain itu, untuk anda yang memiliki UKM akan sangat cocok untuk menggunakan layanan yang satu ini. Hal ini dikarenakan tidak perlu membeli server dan juga menyediakan tim IT sendiri.

Itulah beberapa layanan yang mana dimiliki oleh data center. Dalam hal ini, jika anda ingin memiliki layanan ini dapat menggunakan layanan jasa dari https://www.nexdatacenter.com/id. Nex sendiri sudah dipercaya oleh banyak perusahaan, dengan memberikan layanan terbaik dalam bidang data center.