Lemari pakaian rasanya jadi salah satu perabot wajib yang harus ada di dalam setiap hunian. Tapi bagaimana jika lemari pakaian mudah lapuk dan berjamur? Tentu hal ini menjengkelkan. Terlebih jika cuacanya sedang seperti saat ini, yang hampir setiap hari turun hujan. Untuk itu, memiliki lemari pakaian yang awet dan tahan lama adalah suatu keharusan.

Nah, berikut ini adalah tips dalam memilih lemari pakaian tahan lama yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Cek material lemari
Lemari pakaian
Lemari pakaian

Jenis Lemari pakaian banyak sekali macamnya. Ada yang terbuat dari kayu, plastik, bahkan lemari pakaian dari kain. Jika berbicara tentang lemari pakaian tahan lama, maka pilihlah lemari pakaian yang terbuat dari kayu. Bahan baku kayu sendiri ada beberapa jenis diantaranya adalah kayu solid seperti kayu jati, sungkai, atau mahoni.

Bisa juga Anda menggunakan lemari yang terbuat plywood atau kayu lapis yang di press dengan tekanan tinggi. Baik kayu solid atau pun plywood, keduanya adalah bahan baku dengan kualitas yang baik dan juga terkenal awet.

  • Ketahui cara perawatannya

Selain perlu untuk mengetahui bahan baku lemari pakaian, Anda juga perlu mengetahui cara merawat lemari pakaian. Jika bahan bakunya kayu jati, maka tidak perlu khawatir akan habis dimakan rayap. Kayu jati juga tahan terhadap perubahan cuaca sehingga tidak perlu takut lemari menjadi berjamur ketika udara sedang lembab.

Untuk lemari pakaian dengan bahan plywood, usahakan tidak terkena air, bara api, atau bahan kimia dan zat asam. Untuk membersihkan cukup menggunakan kain lap lembab atau menggunakan kain microfiber. Agar tidak pengap, Anda menaruh beberapa kapur barus di dalam lemari.

  • Pilih lemari pakaian dengan desain minimalis

Lemari pakaian yang awet adalah yang bahan bakunya terkenal kuat serta rajin dilakukan perawatan. Agar komposisi ruangan tetap indah, maka Anda dapat memilih lemari pakaian yang memiliki desain minimalis. Desain lemari minimalis terkenal timeless sehingga Anda tidak perlu takut ketinggalan tren karena tampilannya terlihat modis.

Selain itu, keunggulan lemari baju dengan desain minimalis adalah dapat memberikan efek ruangan yang lebih luas. Anda bisa mendapatkan semuanya hanya di IKEA, salah satu perusahaan retail yang menyediakan berbagai macam pilihan lemari kesukaan Anda.