Sebelum Meninggal, Rinto Mempunyai Keinginan Terakhir

Rinto Harahap yang merupakan seorang pencipta lagu yang legendaris telah meninggal dunia di usianya yang ke 65 tahun di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura, Senin, 9 Februari 2015 pukul 22.45 waktu setempat.

Menurut kerabat Rinto, Yos, yang dihubungi melalui sambungan telepon, Rinto sudah susah bicara dan sulit makan. Meski demikian, pria berdarah Batak tersebut tetap semangat. Bahkan, Rinto sempat menulis keinginannya dalam sebuah kertas.

“Bicaranya memang sudah susah, nggak begitu jelas. Jadi, dia menulis di kertas soal keinginannya menciptakan lagu baru,” katanya.

Rinto tetap ingin membuat karya seperti lagu-lagu sebelumnya yang sendu dan menyayat hati. Menurut Yos, saat bicara soal musik, Rinto selalu penuh semangat. “Dia juga ingin konser. Dia masih penuh semangat,” ungkapnya sedih.

Rencananya, jenazah Rinto akan dipulangkan dan disemayamkan di rumah duka di Jalan Bango 2 No 22, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Februari 2015.

Rinto yang dilahirkan di Sibolga, Sumatera Utara, 10 Maret 1949, ini adalah penyanyi, pencipta lagu, dan produser yang pernah mendirikan grup band The Mercy’s tahun 1970-an. Selain Rinto, The Mercy’s juga diawaki Charles Hutagalung dan Reynold Panggabean.

Tak hanya dikenal sebagai komposer andal, Rinto yang mempunyai perusahaan recording ‘Lolypop’ di tahun 1970-an itu menelurkan banyak penyanyi Indonesia yang populer berkat lagu ciptaannya, seperti Nia Daniati, Betharia Sonata, Christine Panjaitan, Iis Sugianto dan Eddy Silitonga