kadin indonesia
kadin indonesia

Bila berbicara mengenai perdagangan dan industri maka tidak bisa terlepas dari Kadin. Dimana Kadin merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang perdagangan dan industri. Dalam Kadin terdapat anggota yang merupakan para pengusaha di Indonesia. Dalam menjalankan organisasi ini, Kadin Indonesia sudah memiliki payung hukum, aturan dan fungsi yang jelas.

Selain itu terdapat tujuan yang hendak dicapai melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Kadin. Sebagai organisasi para pengusaha di Indonesia, ternyata Kadin Indonesia mempunyai berbagai kegiatan yang diharapkan dapat menciptakan perekonomian yang bersih, jujur dan profesional. Selain itu, masing-masing anggota Kadin bisa merasakan berbagai manfaat bagi perkembangan usahanya.

kadin indonesia

Secara lebih luas, Kadin ingin membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ikut serta dalam pembangunan nasional. Berkaitan dengan kegiatan Kadin, maka berikut akan dijelaskan jenis-jenis kegiatan Kadin yang penting untuk diketahui.

1. Menyebarluaskan informasi terkait kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi kepada para pengusaha di Indonesia.

2. Menyampaikan informasi tentang permasalahan dan perkembangan perekonomian dunia yang bisa berpengaruh bagi kehidupan ekonomi dan dunia usaha skala nasional, kepada pemerintah maupun para pengusaha.

3. Menyalurkan aspirasi dan kepentingan para pengusaha dalam bidang perdagangan, jasa dan industri dalam rangka ikut serta dalam pembangunan di bidang ekonomi.

4. Penyelenggaraan pendidikan, kegiatan lain maupun latihan yang bermanfaat untuk pembinaan serta pengembangan kemampuan pengusaha Indonesia.

5. Menyelenggarakan serta meningkatkan hubungan dan kerja sama yang saling menunjang maupun saling menguntungkan bagi pengusaha Indonesia. Termasuk juga pengembangan keterkaitan antar bidang usaha perindustrian serta bidang usaha dalam sektor ekonomi lainnya.

6. Menyelenggarakan upaya untuk memelihara kerukunan di satu pihak dan upaya mencegah terjadinya persaingan tidak sehat pada pihak lain diantara pengusaha di       Indonesia. Selain itu juga mewujudkan kerjasama yang serasi antar koperasi, usaha    negara serta usaha swasta untuk menciptakan pemerataan kesempatan berusaha.

7. Menyelenggarakan promosi di dalam dan luar negeri, melakukan analisa statistik serta pusat informasi usaha.

8. Melakukan pembinaan hubungan kerja yang serasi di antara pekerja dan pengusaha.

9. Menyelenggarakan peningkatan hubungan serta kerjasama antar pengusaha di Indonesia maupun dengan pengusaha luar negeri seiring kebutuhan maupun kepentingan untuk membangun bidang ekonomi yang sesuai tujuan Pembangunan Nasional.

10. Menyelenggarakan upaya keseimbangan serta melestarikan alam dan mencegah munculnya kerusakan maupun pencemaran lingkungan hidup.

Demikianlah penjelasan mengenai kegiatan Kadin Indonesia yang bisa menambah pengetahuan anda. Melalui informasi di atas tentu kini anda bisa semakin memahami seputar kegiatan Kadin yang bermanfaat bagi setiap anggotanya maupun bagi masyarakat Indonesia.