Berdasarkan kebanyakan orang di negara kita yang beragama muslim, syariat islam adalah patokan dalam bermasyarakat. dengan landasan yang berpegang pada syariat islam aturan bank juga sudah ada yaitu dengan adanya jenis tabungan syariah. Kenapa menjadi alasan banyak orang dalam memilih tabungan jenis syariah ini karena sudah memakai sistem islami yang berbeda dengan bank pada umumnya  atau secara konvensional.

Bila dilihat dari operasionalnya bank syariah melakukan dua jenis aktivitas, pertama adalah melakukan pengumpulan uang atau dana yang disetorkan para nasabah dan kedua adalah melakukan pembiayaan atau financing. Dana atau uang ini berasal dari orang yang berinvestasi, pada internal bank itu sendiri dan atau juga berasal dari pihak ketiga.

Tabungan syariah terbaik
Tabungan syariah terbaik

Pada kegiatan financing yaitu digunakan pada berbagai sektor usaha yang sesuai syariat Islam. Tabungan syariah terbaik yang saat ini ada, terdapat banyak di bank bank di negara kita namun dalam hal pemilihannya mesti sisi yang bisa memberikan kemudahan bagi kita.

Tips Memilih Tabungan Syariah

Pertama dalam hal administrasi, dimana pengeluaran kita saat menjadi  nasabah syariah perlu melihat administrasi yang dibebankan, apakah besar atau kecil, atau bahkan bebas administrasinya. misalkan administrasi untuk kartu ATM,internet banking, serta untuk  sms banking dan keperluan lainnya.

Kedua, Pilih Jenis Produk dari Tabungan Syariah

di bank syariah ada dua jenis yaitu Akad Wadi’ah (titipan) dan akad Al-Mudharabah kedua jenis produk ini berlaku pada Tabungan, giro dan deposito.

Pada jenis Tabungan wadiah, kita dapat keuntungan bisa diambil kapanpun dimanapun, namun dengan prinsip tabungan mudharabah berkaitan dengan waktu dimana hanya bisa diambil pada waktu tertentu.

Sedangkan Giro melalui akad wadiah atau titipan yang memungkinkan ganti rugi dan tidaknya atas kerugian yang terjadi. 

Deposito dilakukan dengan akad mudharabah. yang menjadi cirinya adalah adanya jangka waktu yang telah disetujui bersama, ada 30 hari dan 90 bahkan bisa bertahun tahun.

Jelas sekarang untuk mengambil tindakan membuka tabungan syariah, pilihlah tabungan syariah terbaik bagi anda seperti di bank danamon.