Permainan Olahraga Tradisional
Permainan Olahraga Tradisional

Gobak sodor saat ini telah resmi menjadi permainan olahraga tradisional. Permainan ini memiliki beberapa nama lain yakni galasin atau galah asin. Gobak sodor sendiri sebenarnya merupakan permainan yang tidak murni sebagai permainan, karena dalam praktiknya permainan ini memiliki gerakan – gerakan dan aktivitas layaknya olahraga yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Permainan ini biasanya dilakukan oleh dua orang kelompok yang berisikan 3-5 orang dalam satu tim. Gobak sodor adalah sebuah permainan yang memiliki peraturan dasar unik dan seru yang bisa Anda mainkan, yaitu mempertahankan garis pertahanan dengan cara menghadang lawan yang datang serta berusaha lari untuk meloloskan diri dari benteng pertahanan lawan.

Tim yang mampu meloloskan diri menembus garis pertahanan lawannya pada permainan olahraga tradisional ini akan keluar menjadi pemenang. Sedangkan, jika ada salah satu anggota tim yang tertangkap atau tersentuh lawan maka timnya akan gugur dan bergantian untuk menjaga benteng. Bentuk benteng di permainan ini berupa tanah atau tempat yang akan dibagi menjadi enam bagian dengan tiga bentuk garis horizontal dan satu garis vertikal. Untuk menggarisnya, biasanya akan menggunakan kapur tulis dalam menggaris ubin.

Selain sebagai jenis permainan olahraga tradisional yang seru, gobak sodor pun merupakan permainan yang dapat melatih si kecil untuk mengambil keputusan dengan tepat dan juga cepat. Keputusan itu nantinya diambil pada saat si kecil bergerak dan mengatur supaya tidak disentuh oleh lawan. Selain itu, tubuh anak-anak yang memainkan permainan ini nantinya akan terbiasa digunakan untuk melakukan gerakan – gerakan sehingga ototnya akan terbentuk. Selain itu, tulang si kecil pun akan tumbuh dengan padat dan kuat, sehingga bisa menyokong postur tubuhnya menjadi lebih tegap. Gobak sodor pun mengajak si kecil untuk selalu aktif dalam berkoordinasi dengan temannya agar meraih kemenangan.

Anak-anak pun secara tidak langsung akan terlatih dalam melakukan kerjasama dengan teman-teman serta berkoordinasi dengan temannya. Karena, jika tidak mereka akan ditangkap atau disentuh lawan dan kalah. Pada dasarnya, permainan yang satu ini sebenarnya harus dilakukan serta dilestarikan mengingat manfaat dari permainan yang satu ini sangat besar sekali bagi si kecil.