Belajar Digital
Belajar Digital


Pendidikan saat ini menjadi salah satu hal pokok yang menjadi fokus pemerintah, khususnya dalam upaya menghadirkan sumber daya manusia yang handal dan berkompeten. Untuk hal ini, Indonesia selaku penyedia solusi belajar digital 360 derajat, berkomitmen untuk mendorong transformasi pendidikan dalam upaya mendukung kesiapan Indonesia dalam menghadapi Revolusi Industri.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menghadirkan solusi belajar digital yang telah disesuaikan dengan karakter siswa, dengan pendekatan Learn, Practice dan Tes yang bertujuan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, mudah, dan menyenangkan. Solusi ini berbasis education technology di mana semua proses belajar mengajar sudah terintegrasi satu sama lain. Baik dari siswa, guru, sekolah, orang tua dan stakeholder lainnya. Semuanya bisa dilihat di https://idseducation.com/.

Untuk sekolah, aplikasi yang diperkenalkan dalam Ekosistem tersebut mencakup Sistem Manajemen Sekolah, Sistem Manajemen Pembelajaran, dan Solusi Pembelajaran Digital untuk digunakan di ruang kelas. Di mana, Sekolah akan terhubung ke aplikasi yang dapat digunakan oleh orang tua untuk melacak, memantau dan mengevaluasi perkembangan anak-anaknya hanya dalam satu klik saja. Informasi dari sekolah tersebut dapat diterima oleh orang tua dalam bentuk informasi, notifikasi, dan hasil harian.

Hasil gambar untuk Belajar Digital ids


Untuk siswa, aplikasi ini dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas maupun saat di luar sekolah karena akan selalu menghubungkan siswa dengan sekolah mereka setiap saat. Semua solusi yang ditawarkan tersebut dapat diakses oleh siswa melalui komputer atau tablet masing-masing yang sudah dilengkapi dengan Learning Solutions.

Konten-konten pembelajaran yang terdapat dalam Learning Solution ini sudah berbasiskan teknologi digital dan menyesuaikan dengan karakter para siswa yakni V.A.K atau visual, audio, dan kinesthetic. Itu sebabnya, setiap elemen dalam konten pembelajaran tersebut dilengkapi dengan teks, gambar ataupun video. Peserta didik pun dapat menyentuh model, memperbesar atau memutarnya untuk tampilan yang sempurna. Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang elemen tertentu, siswa dapat memperolehnya hanya dengan mengkliknya.

Konten yang digunakan juga sudah disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Dan, tentu saja, sudah menggunakan Bahasa Indonesia.

Saat ini, setidaknya ada 8 sekolah yang telah menggunakan solusi belajar digital 360 derajat milik Indonesia untuk tahun ajaran 2018/2019. Ke-8 sekolah tersebut ada di bawah naungan yayasan Al-Azhar Syifa Budi dan tersebar di wilayah Jakarta, Cibubur, Bandung dan Bogor.

“Kedepannya, Indonesia akan terus menambah kerjasamanya dengan institusi pendidikan maupun institusi lainnya yang memiliki kesamaan visi dan misi dalam dunia pendidikan dan demi kemajuan bangsa Indonesia,” ujar Fernando Uffie, Country Manager Indonesia di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.