Mengenal Lebih Dekat Theodolite, Alat Ukur Sudut

Mengenal Lebih Dekat Theodolite, Alat Ukur Sudut

Theodolite adalah alat ukur sudut vertikal dan horizontal ataupun sudut kemiringan yang biasanya digunakan untuk mengukur tingkat kemiringan pada tanah. Saat ini walaupun tergolong benda canggih dan mahal tetapi untuk sekarang ada beberapa toko yang jual theodolite murah, mungkin karena banyaknya permintaan pasar pada alat tersebut.

Alat yang sejenis adalah waterpass namun hanya bisa beroperasi pada sudut mendatar, sehingga dapat dikatakan bahwa Theodolite ini adalah pengembangan modern dari waterpass. Fungsi utama dari alat ukur sudut ini diantaranya ialah pemetaan situasi, pengukuran pada polygon, bahkan untuk pengamatan pada matahari.

Semua hal itu adalah pekerjaan yang berhubungan dengan ukur tanah, karena setiap pengoperasian alat ini adalah sudut untuk menilai vertikal horizontal pada tanah. Setiap toko yang jual Theodolite murah tentu akan menawarkan berbagai tipe yang berbeda, sehingga walapun fungsinya sama namun ada beberapa cara dan ketentuan yang berbeda pada jenis dan tata cara penggunaannya tetapi tetap pada bagian – bagian alat tersebut secara umum sama.

Ada 2 tipe pada alat ini yang dibedakan berdasarkan konstruksinya.

Theodolite Reiterasi
Sumbu tunggal, dalam tipe ini dikarenakan lingkaran berskalanya mendatar dan bersatu dengan kiap sehingga skala mendatarnya memerlukan ketelitian untuk mengaturnya. Tergolong kedalam jenis To dan jenis DKM-2A.

Theodolite Repetisi
Konstruksi yang sebaliknya dari jenis pertama yaitu lingkaran yang dapat mudah diatur dan juga dapat mengelilingi sumbu tegak atau sumbu dan juga dalam konstruksi ini bacaan pada lingkaran berskala 0, dapat ditentukan ke arah yang dikehendaki. Tergolong kedalam jenis TM 6 dan TL 60-DP, TL 6-DE, dan Th-51.

Tentu berbeda jenis maka menentukan harga, namun pasti anda dapat menemukan toko yang jual Theodolite murah dengan kualitas yang baik pula.

Sekali lagi bahwa Theodolite itu merupakan instrument / alat ukur yang menghitung penentuan tinggi tanah baik itu tanah yang datar (horizontal) maupun tanah tegak (Vertikal) seperti tanah pada tebing dataran tinggi.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *