Ulang tahun Inge Lehmann, penemu inti bumi dirayakan di Google hari ini. Untuk mengenang penemuan-penemuan jenius Inge Lehmann, Google mendedikasikan animasi unik yang menggambarkan inti bumi pada Rabu, 13 Mei 2015. Lehmann yang seorang seismologis ini lahir pada 13 Mei 1888 dan meninggal pada 21 Februari 1993 di usia 104 tahun.

Ketika Anda mengunjungi halaman utama Google hari ini, akan muncul animasi bumi yang berotasi. Animasi bumi itu unik, karena planet kita digambarkan terbelah menjadi dua bagian dengan bagian inti yang terlihat. Google tidak sedang meramalkan kiamat, tetapi memberikan penghargaan atas kerja keras Inge Lehmann, peneliti asal Denmark.

Jasa terbesar Inge Lehmann yang dikenang umat manusia adalah penemuannya tentang inti bumi. Selama lebih dari dua dasawarsa, Lehmann terus meneliti gempa bumi. Setelah melakukan riset yang mendalam, Lehmann lantas mengungkap bahwa bumi memiliki inti luar dan inti dalam.

Pada kemudian hari, dijelaskan bahwa inti luar adalah lapisan cair dengan ketebalan sekitar 2,266 km yang terletak di bawah mantel bumi, dan di atas inti dalam. Suhunya bisa mencapai 4030 derajat celcius. Akan halnya inti dalam, adalah bagian paling dalam bumi, yang bentuknya bola padat dengan jari-hari sekitar 1200 kilometer.

Penemuan Inge Lehmann ini demikian penting bagi ilmu pengetahuan. Hingga kini gagasan Lehmann tersebut masih menjadi dasar pengetahuan seismologis. Kini, memperingati hari lahirnya yang ke-127, kita bisa membayangkan penemuan besar Lehmann melalui doodle cantik yang dibuat oleh Kevin Laughlin.