5 Aspek Penting yang Bisa Dilatih Melalui Mainan Edukatif

Pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil bisa dioptimalkan dengan memberikan stimulasi yang tepat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa mainan edukatif dapat menstimulasi tumbuh kembang anak. Setidaknya ada lima aspek penting yang bisa dioptimalkan dengan memilih alat bermain yang tepat. Penasaran? Simak pembahasannya di artikel ini!

Aspek yang Bisa Dilatih dengan Mainan Edukatif

Berikut ini berbagai aspek yang bisa Anda optimalkan:

1. Kemampuan Motorik

Anda tetap perlu memberikan porsi yang seimbang antara alat bermain virtual dan alat bermain fisik. Banyak alat bermain fisik yang bisa meningkatkan kemampuan motorik kasar seperti lompat tali, bersepeda, dan lain-lain. Sedangkan alat bermain yang bisa meningkatkan motorik halus yaitu menata balok atau prakarya. 

2. Kemampuan Kognitif

Bermain sambil belajar menjadi hal yang bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitif. Anak tidak akan merasa terbebani, tapi tetap mampu meningkatkan kemampuan kognitifnya dengan optimal. Alat bermain seperti game board bisa membantu Si Kecil meningkatkan kemampuan penalaran, memahami konsep matematika dasar, dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. 

3. Kemampuan Bahasa

Kemampuan bahasa bisa dioptimalkan dengan mainan yang melibatkan interaksi. Contohnya yaitu bermain peran, kuis trivia, tebak kata, scrabble, dan lain-lain. Selain itu, Anda sebagai orang tua juga harus banyak bercerita atau mengobrol dengan anak. 

4. Kemampuan Sosial

Kemampuan sosial membantu Si Kecil mampu berinteraksi dengan orang lain, memiliki moral yang baik, serta menaati norma dan aturan yang ada. Alat bermain kelompok yang melibatkan beberapa orang dapat meningkatkan kemampuan sosial.

5. Kemampuan Emosional

Aspek terakhir yang bisa dioptimalkan dengan alat bermain adalah kemampuan emosional. Kemampuan ini mampu membantu anak belajar menangani emosi. Orang tua memiliki peran penting untuk mengajari Si Kecil bersabar dan menahan emosi. Alat bermain seperti puzzle yang membutuhkan kesabaran bisa diberikan pada Si Kecil untuk meningkatkan kemampuan emosional. 

Nah, sudah tahu seberapa penting mainan edukatif untuk tumbuh kembang anak? Anda bisa lho mendapatkan alat bermain secara gratis jika membeli Kinder Joy. Pasalnya di setiap kemasan berisi cemilan cokelat dan alat bermain kejutan yang unik. Mulai dari alat bermain binatang, puzzle, mobil-mobilan, dan lain sebagainya. Ada beberapa pilihan varian Kinder Joy dengan isi alat bermain yang berbeda-beda.