Aspek 4C Pada Berlian dari Toko Berlian Terbaik

Selain dengan membeli di toko berlian terbaik, sebelum membeli berlian Anda juga wajib untuk mengetahui tolak ukur dari berlian itu sendiri, ya! Perlu diketahui, pada dasarnya berlian memiliki 4 aspek utama yang bisa menentukan kualitasnya atau yang biasa disebut dengan 4C. 4C sendiri merupakan akronim dari Color (warna) Clarity (Kejernihan) Cut (potongan) dan juga Carat (karat). Dengan mengetahui 4 aspek di atas, hal tersebut dapat membantu Anda menjadi lebih mudah dalam memilih berlian yang ada. 

Nah untuk lebih jelasnya, dibawah ini kami akan coba menjelaskan lebih detail terkait 4C. Jadi, pastikan Anda simak informasi dibawah ini sampai tuntas, ya!

Color

Tak hanya soal tampilannya saja, color atau warna juga dapat mempengaruhi nilai harga dari berlian tersebut, lho! Karena berlian merupakan karbon yang mengalami proses pemampatan sehingga menjadi sebuah batuan, maka tidak jarang terdapat unsur atau zat lain yang masuk ke dalam berlian selama proses penambangannya. Adapun beberapa zat yang masuk salah satunya yaitu nitrogen. Berlian yang tercampur nitrogen biasanya akan menimbulkan warna kekuningan. Jika kristal lain, maka tampilan berlian akan menjadi kecoklatan.

Jika yang tanpa tercampur unsur atau zat lainnya, maka akan berwarna jernih. Namun berlian ini sangat langka dan menjadi juga sangat mahal pula. Salah satu lembaga penilaian berlian internasional yakni GIA (Gemological Institute of America) membuat skala tingkatan warna berlian mulai dari D hingga Z. Berlian dengan jejak warna yang sedikit digolongkan menjadi berlian D dan berlian dengan jejak warna yang banyak tergolong sebagai berlian dengan tingkatan Z.

Clarity

Selain warna, ketika hendak membeli berlian Anda juga harus memperhatikan tingkat kejernihannya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berlian merupakan batuan yang ditambang sehingga tidak luput dari cacat atau noda yang dapat mempengaruhi tingkat kejernihannya. Beberapa kecacatan tersebut diantaranya yaitu goresan maupun kecacatan lainnya.

Jatim, pastikan cacat pada berlian tersebut sebelum membelinya. Pasalnya, semakin kecacatan pada berlian akan mempengaruhi keindahan serta harganya. Adapun beberapa tingkatan pada kejernihan berlian yang diklasifikasikan oleh GIA yaitu:

  1. FL (flawless). Berlian tanpa adanya kecacatan.
  2. IF (internally flawless). Berlian tanpa cacat, namun terdapat bekas tanda minim di luar berlian yang hanya bisa dilihat dengan alat khusus.
  3. VVS (very very slightly included). Berlian dengan cacat di bagian dalam yang hanya bisa dilihat menggunakan teropong berlian.
  4. VS (very slightly included). Berlian dengan cacat di bagian dalam yang tidak terlihat dengan mata telanjang.
  5. Included. Tingkat terendah pada berlian dengan cacat yang bisa dilihat menggunakan kaca pembesar atau bahkan cacat yang besar atau cacat yang cukup banyak sehingga bisa terlihat dengan mata telanjang.

Cut

Cut atau potongan pada berlian merupakan yang paling penting diantara pertimbangan karakteristik berlian lainnya. Potongan berlian sendiri dapat mempengaruhi pantulan cahaya yang dihasilkannya.Dengan kata lain, berlian dengan potongan yang tepat dapat menghasilkan kilauan yang memukau meskipun tingkat kejernihan dan warnanya tidak terlalu bagus begitupun sebaliknya.

Carat

Berbeda dengan karat pada emas yang menggunakan karat sebagai nilai kemurniannya, maka karat pada berlian adalah ukuran massa satuan yang setara dengan 0,2 gr. Jika nilai karatnya semakin tinggi, maka akan semakin mahal pula harganya. Berlian dengan karat yang tinggi akan memiliki bentuk yang lebih besar. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya yang menjadi tolak ukur kualitas berlian. Sebab masih terdapat juga nilai kejernihan dan juga warna

Itulah dia penjelasan dari apa itu 4C yang wajib Anda ketahui sebelum membeli berlian. Untuk mendapatkan berlian yang memenuhi keempat aspek tersebut, maka Anda bisa membelinya di salah satu toko perhiasan terbaik dan terpercaya yaitu Mondial Jeweler