Alasan Mondial Dipilih Sebagai Toko Berlian Berkualitas

Mencari toko berlian memang sangat mudah karena banyak bertebaran di internet maupun secara offline. Namun mencari toko berlian berkualitas bukan hal yang mudah dilakukan. Pasalnya tidak semua toko yang Anda temukan memiliki kualitas yang bagus. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menemukan toko berkualitas. Salah satu yang paling penting adalah sertifikat yang dihadirkan.

Sertifikat sendiri merupakan jaminan bahwa perhiasan berlian yang Anda beli asli. Selain itu, sertifikat juga berisi penilaian kualitas berlian. Jadi Anda bisa mengetahui bagaimana kualitas berlian yang dibeli. Mondial Jeweler dikenal sebagai toko berlian yang berkualitas dan terpercaya. Selain berasal dari PT Central Mega Kencana (CMK), toko berlian satu ini juga menghadirkan 3 level sertifikasi. Berikut ini adalah ketiganya:

GIA Diamond Report

Sertifikasi perhiasan berlian yang paling populer adalah GIA Diamond Report dari GIA. GIA (Gemological Institute of America) sendiri merupakan lembaga penilaian berlian internasional yang paling populer di dunia. Mereka menerbitkan international diamond grading system yang masih populer dan digunakan sampai sekarang.

Penilaian tersebut mempertimbangkan empat aspek yang dimiliki berlian yaitu cut, color, clarity, dan juga carat weight. Berikut penjelasan masing-masing aspeknya:

  • Cut

Cut atau potongan merupakan aspek yang paling penting bagi sebuah berlian karena berpengaruh pada keindahannya. Jika menginginkan perhiasan berlian berkualitas, kualitas cut harus tertinggi yaitu excellent. Adapun skalanya yaitu excellent, ideal, very good, good, fair, dan poor.

  • Color

Color atau warna dipengaruhi oleh tekanan tinggi, radiasi, suhu, dan lain sebagainya. Skalanya dimulai dari D (tertinggi) sampai Z (terendah). Semakin rendah warna berlian terlihat semakin kuning.

toko berlian berkualitas
  • Clarity

Clarity atau kejernihan menunjukkan tingkat inklusi atau tanda cacat di dalam berlian. Skala dari GIA yaitu flawless, internally flawless, VVS, VS, S, dan I. Berlian dengan kualitas VVS sudah sangat bagus karena flawless dan internally flawless tergolong mahal.

  • Carat weight

Aspek terakhir adalah carat weight atau berat karat. Nilai satu karat adalah 0,2 gram atau 200 milligram. Namun perlu Anda ketahui bahwa berat bukan besar. Jadi ukurannya sama belum tentu beratnya sama.

MEC 49 Parameters

Mondial MEC Ultimate merupakan perhiasan berkualitas tinggi karena menggunakan 49 parameter penilaian. Anda mungkin akan sangat sulit menemukan perhiasan yang menggunakan parameter sebanyak ini. Berdasarkan penilaian tersebut, berlian dikatakan berkualitas tinggi jika memilih motif heart and arrows. Motif tersebut didapatkan dari proses cutting yang ideal sehingga refleksi cahaya yang dihasilkan pun maksimal.

Ada 3 faktor pembeda yang yang dimiliki oleh berlian bermotif heart and arrows. Tiga faktor tersebut yaitu simetri, polesan, dan juga proporsi. Karena itu, tidak heran jika cut menjadi hal yang sangat penting bagi kualitas sebuah berlian. 

Light Performance

Sertifikasi terakhir untuk menyempurnakan kualitas berlian dari toko berlian berkualitas satu ini adalah light performance. Light performance sendiri merupakan penilaian kilau berlian berdasarkan interaksi dengan cahaya. Jadi penilaiannya terpisah dari GIA Diamond Report karena lembaga yang menilai pun berbeda.

Light performance dinilai oleh Sarine Technology Lab yaitu laboratorium pertama yang menggabungkan gemologi dengan AI atau kecerdasan buatan. Ada empat parameter penilaian yang digunakan yaitu sparkle, light symmetry, fire, dan brilliance. Kelebihan berlian yang memiliki sertifikat light performance yaitu nilainya lebih tinggi dibandingkan hanya sertifikat GIA saja.

Itulah alasan mengapa Mondial Jeweler dikenal sebagai toko berlian berkualitas yang dipercaya banyak wanita. Selain menghadirkan tiga level sertifikasi, toko satu ini juga memiliki koleksi yang banyak dan lengkap. Anda bisa mendapatkan perhiasan cincin, kalung, anting, gelang, sampai dengan bros sekalipun. Lihat semua koleksinya dengan mengunjungi gerai terdekat atau website resmi.