Waktu Terbaik Untuk Memberikan Jadwal Vaksinasi Anjing

Sama seperti manusia, anjing peliharaan juga perlu untuk melakukan vaksin, karena hal itu penting untuk melindungi hewan peliharaan anda terkena penyakit yang bisa berakibat fatal. Sekarang banyak vaksin yang sudah bisa diberikan pada hewan peliharaan sejak usia dari 6 minggu, jadwal vaksinasi anjing perlu dilakukan hal tersebut untuk penguat untuk daya tahan tubuh hewan si Anjing agar tetap efektif.

Jadi, cara yang paling baik untuk memastikan anjing peliharaan anda mendapatkan vaksin lengkap dengan mengikuti jadwal vaksinasi anjing yang tepat. Anjing harus melakukan vaksin sejak masih kecil, lalu diberikan suntikan penguat secara rutin sepanjang hidupnya.

memberikan vaksin pada anjing bermanfaat untuk mencegah anjing menyebarkan penyakit ke anjing lain atau juga bisa kepada manusia.

Berikut pedoman pemberian untuk jadwal vaksinasi anjing yang sudah bisa anda ketahui secara umum.

  1. Usia 6 – 8 minggu

Anjing peliharaan bisa diberikan vaksin untuk distemper dan parvovirus, vaksinasi ini opsional yang bisa diberikan pada usia ini yaitu vaksin bordetella

  1. Usia 10 – 12 minggu

Vaksin yang dapat diberikan untuk anjing di usia ini yaitu DHPP (Distemper, Hepatitis, Parainfluenza, dan Parvovirus).

Vaksinasi opsional yang bisa diberikan yaitu Influenza, leptospirosis, Bordetella, lyme disease 9 tergantung pada gaya hidup anak anjing dan sesuai anjuran dari dokter hewan)

Jadwal Vaksinasi Anjing
  1. Usia 16 – 18 minggu

Vaksin yang dapat diberikan pada usia ini adalah vaksin DHPP dan rabies, vaksinasi opsional yang bisa diberikan yaitu influenza, lyme disease, Bordetella 

  1. Usia 12 – 16 bulan

Vaksin yang dapat diberikan pada anjing di usia ini yaitu DHPP dan rabies, setelah mendapatkan vaksinasi di awal pasti akan membutuhkan suntikan penguat yang teratur.

Karena hal ini bertujuan untuk menjaga anjing peliharaan tetap terlindung dari penyakit, karena kekebalan anjing bisa hilang seiring waktu.

Suntikan penguat seperti untuk distemper, parvovirus, hepatitis anjing, dan rabies, biasanya perlu diberikan jadwal vaksinasi anjing setiap 1 sampai 3 tahun.

Tergantung dengan kondisi dan resiko paparan virus pada anjing, tapi suntikan vaksin untuk leptospirosis perlu untuk diberikan setiap tahunnya. Dan, untuk melihat perkembangan dari hewan peliharaan yang kita miliki, berilah juga makanan yang bernutrisi seperti Royal Canin.