Sejarah UI, Salah Satu Universitas di Indonesia yang Paling Tua

Universitas Indonesia atau UI dikenal sebagai salah satu universitas bonafit yang berlokasi di Depok. Jika menilik ke belakang, kampus ini memiliki kredibilitas seperti sekarang ini bukan tanpa alasan. Sebagai kampus paling tua di Indonesia, tentu saja banyak hal dimiliki UI yang tidak dimiliki oleh universitas-universitas baru. Sebagian besar universitas di Indonesia berdiri pada tahun 1900-an. Namun kampus ini berdiri pada tahun 1800-an atau pada masa penjajahan Belanda.

Jika Anda tertarik menjadi mahasiswa kampus ini, maka Anda juga harus mengetahui sejarahnya hingga menjadi universitas kredibel dan terpercaya. Langsung saja, berikut ini adalah sejarahnya yang perlu Anda ketahui:

Zaman Pendudukan Belanda 

Sejarah dari universitas satu ini dimulai dari masa pemerintahan Belanda. Pada tahun 1849, pemerintah Belanda membangun sekolah tinggi ilmu kesehatan. Secara resmi sekolah tinggi tersebut dinamakan dengan nama Dokter-Djawa School pada Januari 1851. Seperti namanya, ilmu kedokteran merupakan pembelajaran khusus yang diberikan. Pada waktu itu pendidikan yang diberikan adalah pendidikan tenaga mantri.

Selanjutnya pada tahun 1898, namanya diganti menjadi School tot Opleiding van Indische Artsen yang dalam bahasa Inggris berarti School of Medicine for Indigenous Doctors atau STOVIA. Nama STOVIA bertahan hingga 75 tahun dan menjadi tempat pendidikan terbaik untuk para calon dokter. Namun pada tahun 1927, sekolah ditutup oleh pemerintah Belanda. Seiring ditutupnya STOVIA, muncul empat sekolah tinggi lain yang ada di pulau Jawa.

Zaman Kemerdekaan

Pada tahun 1946 dibangun perguruan tinggi bernama the Nood universiteit (Universitas Darurat) yang menjadi pilar empat sekolah tinggi sebelumnya. Pada tahun 1947, sekolah tersebut berganti nama menjadi Universiteit van Indonesie dan berganti pusat ke Jakarta namun ada yang di Yogyakarta.

Setelah Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia pada tahun 1949 dan ibukota kembali ke Jakarta, Universiteit van Indonesie kemudian disatukan menjadi Universiteit Indonesia pada tahun 1950. Pada saat itu ada 7 fakultas yang terpisah di berbagai daerah seperti Fakultas Kedokteran di Jakarta, Fakultas Teknik di Bandung, Fakultas Pertanian di Bogor, dan lain sebagainya.

Fakultas yang ada di luar Jakarta kemudian dikembangkan menjadi universitas yang berbeda sekitar tahun 1954 sampai dengan 1963. Sedangkan fakultas yang ada di Jakarta menjadi Universitas Indonesia atau UI.

universitas di indonesia

Zaman Modern

Sebelum dibangun di depok pada tahun 1987, kampusnya terdiri dari toga lokasi yaitu Pegangsaan Timur, Salemba, dan Rawamangun. Kampus baru yang ada di Depok dibangun di lahan seluas 320 hektare. Setelah pembangunan selesai, kampus yang ada di Rawamangun dipindah dan kampus Salemba masih mempertahankan beberapa fakultas, salah satunya yaitu Fakultas Kedokteran. 

Saat ini kampus sudah memiliki 14 fakultas, program vokasi, dan program pascasarjana. Cukup banyak prestasi yang ditorehkan, termasuk menjadi fakultas terbaik di Indonesia dan salah satu yang terbaik di Asia Tenggara. Pada bulan Juni 2022, UI mendapatkan ranking satu sebagai universitas terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE).

Itulah sejarah singkat mengenai universitas di Indonesia yang paling tua yaitu UI. Anda bisa menjadi mahasiswa baru apabila lulus seleksi masuknya. Saat ini tersedia lima seleksi masuk yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), Talent Scouting, SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan SIMAK (Seleksi Mandiri). Informasi mengenai program studi yang ditawarkan bisa Anda lihat di website www.ui.ac.id