Pentingnya Memperhatikan Usia Toddler Anak-Anak

Setiap orangtua pasti senang melihat anak-anaknya tumbuh optimal. Terutama ketika anak-anak sudah masuk di usia satu tahun, pasalnya usia tersebut merupakan periode penting untuk anak-anak. Amasa tersebut juga dikenal dengan istilah usia toddler.

Pada masa toddler atau di usia satu tahun, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Nah, di artikel ini kami akan coba menjelaskan kepada Anda apa saja hal yang harus Anda perhatikan di usia tersebut.

Penjelasan Tentan Usia Toddler

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut alangkah baiknya kami jelaskan apa itu toddler terlebih dahulu. Masa toddler adalah ketika anak-anak berusia 12 bulan hingga 36 bulan. Istilah toddler sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu “to toddler” yang artinya berjalan secara tidak stabil.

Masa toddler adalah masa yang hanya akan datang satu kali seumur hidup, atau tidak akan pernah terulang. Masa toddler merupakan hal yang sangat penting sekali untuk diperhatikan. Masa toddler juga merupakan masa yang tergolong penting, kritis, dan juga sensitif.

Alasan kenapa masa ini disebut sebagai periode kritis karena pengaruh dari lingkungan sangat diperlukan sekali untuk menstimulasi dan membentuk sinaps otak yang tidak diberikan oleh fungsi otak.

usia toddler

Perkembangan Pada Masa Toddler

Ada beberapa perkembangan pada masa toddler yang perlu Anda perhatikan. Berikut kami jelaskan apa saja perkembangan-perkembangannya tersebut.

  • Perkembangan volume otak yang tumbuh semakin pesat.
  • Anak-anak akan lebih mandiri dan juga bereksplorasi seperti kemampuan berpikir dan belajar.
  • Memiliki keterampilan untuk melakukan berbagai hal secara mandiri.
  • Memiliki daya tahan tubuh yang pesat.
  • Memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan orang dewasa.

Tips Menutrisi Anak

Seperti yang kami singgung sebelumnya, kebutuhan nutrisi anak di masa toddler dua kali lebih tinggi dibandingkan orang dewasa. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan asupan nutrisi si kecil sejak dini.

Kini Anda bisa memenuhi asupan nutrisi anak-anak di masa toddler dengan memberi mereka susu Dancow satu atau dua kali sehari di pagi dan malam hari. Kandungan nutrisi di dalam susu sendiri tergolong sangat banyak untuk memenuhi nutrisi anak di masa tumbuh kembangnya.

Demikian informasi seputar usia toddler yang penting untuk diperhatikan oleh setiap orang tua. Yuk, bantu si kecil untuk mendapatkan asupan nutrisi di masa toddler mereka.