Kartu Kredit
Kartu Kredit

Jika Anda ingin terbebas dari hutang dan ingin kondisi finansial Anda kembali normal, maka berhentilah untuk menggunakan kartu kredit. Akan tetapi, jika Anda tetap menginginkan beragam manfaat dari kartu kredit dan ingin agar tetap penggunaannya lancar tanpa terlilit banyak hutang, maka Anda bisa lanjut membaca artikel berikut ini. 

Penggunaan kartu kredit ibarat dua mata pisau, di satu sisi memang mampu memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi setiap kebutuhan ekonomi Anda, namun jika Anda tidak cermat dalam menggunakannya, maka bisa saja Anda terjerumus  dalam lilitan hutang yang tak berujung. 

Maka dari itu berikut bank Sinarmas akan memberikan beberapa tips singkat, tentang bagaimana caranya agar tagihan kartu kredit Anda cepat lunas, dan bisa digunakan lagi tanpa perasaan was-was. Simak selengkapnya berikut ini: 

1. Selalu lakukan pencatatan daftar hutang Anda secara rinci 

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir cicilan adalah dengan membuat sebuah daftar hutang yang dimiliki secara detail dan terperinci. Selalu pastikan bahwa Anda mencatat setiap jumlah hutang, tanggal dari Anda bertransaksi, nama debitur, hingga setiap tanggal jatuh tempo dari setiap hutang yang dimiliki. 

Dengan demikian Anda bisa memahami hutang mana saja yang menjadi prioritas untuk dibayarkan terlebih dahulu agar tidak terkena denda keterlambatan. Cobalah meluangkan waktu Anda untuk selalu mengumpulkan bukti transaksi, dengan demikian Anda pun bisa mencatat hutang secara terperinci. 

Keuntungan dari cara ini adalah Anda bisa dengan mudah membagi keuangan Anda pada saat gajian. Mana yang harus digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, dan mana yang bisa digunakan untuk bayar hutang. 

2. Menyingkirkan sementara beberapa kartu kredit dari dompet Anda

Jangan terlalu berbangga dengan memiliki banyak kartu kredit di dompet Anda. Pasalnya, jika Anda tidak mampu mengatur penggunaannya, bisa saja kartu kredit yang banyak itu jadi alat yang membuat Anda selalu berhutang. 

Jika Anda terlilit tagihan yang cukup besar, maka cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah menyingkirkan sebagian kartu kredit dari dompet Anda dan berfokus pada pembayaran tagihan saja. Jangan sampai Anda tergoda untuk menggunakan kartu kredit lagi di saat tagihan Anda menumpuk. 

3. Menggadaikan barang-barang berharga yang dimiliki

Jika sudah tidak ada cara lain untuk melunasi tagihan kartu kredit, maka sudah saatnya untuk Anda menggadaikan barang-barang berharga. Cara ini sebenarnya tidak dianjurkan, namun jika sudah terdesak, maka cara ini bisa menjadi pilihan terbaik. 

Anda bisa mendapatkan kembali barang berharga tersebut jika mampu ditebus sebelum tanggal jatuh tempo. Jadi, manfaatkan benar-benar uang hasil gadai tersebut untuk membayar hutang tagihan yang Anda miliki. 

4. Fokus hanya untuk membayar tagihan 

Anda tentu tidak ingin tagihan dan hutang terus menghantui kehidupan Anda. Maka dari itu, selalu pastikan bahwa Anda tetap berfokus untuk membayar hutang dan tagihan. Jika sedikit saja Anda lupa dan melewatkan tingkat suku bunga atau tanggal jatuh tempo, maka tagihan dan hutang bisa terus menghantui Anda. 

Jika Anda memiliki tagihan dari banyak kartu kredit, maka cobalah untuk fokus kepada kartu kredit yang memberikan tanggal jatuh tempo yang paling dekat atau yang memiliki suku bunga paling tinggi. 

Di tahap selanjutnya, jika tagihan Anda sebagian sudah terbayar, maka selanjutnya bisa membuat skala prioritas pembayaran. Dijamin, lambat laun kondisi keuangan Anda akan pulih kembali. 

Sebenarnya ada lebih banyak informasi dan tips yang bisa dibahas terkait dengan penggunaan kartu kredit ini. Jika Anda tertarik untuk menggunakan kartu kredit yang mudah tanpa harus khawatir dengan dihantui oleh tagihan-tagihan, maka kamu bisa langsung mencari informasi dan referensi lebih lengkap di bank Sinarmas terdekat, atau bisa langsung mengunjungi situs web di www.banksinarmas.com.