PT Kaltim Parna Industri
PT Kaltim Parna Industri

Kegiatan CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan menjadi agenda rutin yang dilakukan untuk menjalin hubungan baik dengan berbagai segmen, salah satunya adalah masyarakat. Dimana perusahaan tersebut didirikan di lingkungan masyarakat sekitar, maka kontribusi yang diberikannya pun harus baik dan bermanfaat demi kemaslahatan masyarakat sekitar. Seperti yang dilakukan oleh PT Kaltim Parna Industri dengan melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan yang diaplikasikan kedalam berbagai kegiatan, seperti donor darah, pembuatan jalan sebagai akses masyarakat, pendirian sekolah atau fasilitas ibadah, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan peduli akan lingkungan sekitarnya dan juga masyarakat sekitar maupun masyarakat luas yang tidak terjangkau oleh perusahaan.

Hutan Kota Wana Khatulistiwa adalah salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat yang dekat dengan lingkungan perusahaan, dimana dengan lahan seluas 8 hektar inilah diresmikan dan juga dikelola oleh PT Kaltim Parna Industri sejak tahun 2012 sampai akhir tahun 2016, juga telah ditanam berbagai jenis pohon kurang lebih 3.500 pohon khususnya tanaman lokal di Kalimantan, seperti Ulin, Bangkirai, Pulai, Gaharu, Meranti, Mahoni dan juga berbagai tanaman buah lokal lainnya, seperti Rambutan, Manggis, Lai, Wanyi, Durian dan Pasak Bumi.

Saat ini telah dilakukan perawatan untuk tanaman tersebut dengan menyiangi rumput, menyiram saat musim kemarau dan juga memupuknya. Tersedia juga fasilitas infrastruktur lainnya, seperti sumur air sudah termasuk dengan tandon untuk menyimpan air bersih untuk disalurkan ke kamar mandi serta menyiram tanaman saat musim kemarau. Terdapat juga Gazebo seluas 6×4 meter dengan memanfaatkan kayu bekas dari pabrik yaitu kayu ulin dan juga dikerjakan secara swadaya oleh para petugas jaga Hutan Kota. Dengan adanya fasilitas yang disediakan oleh perusahaan, bisa menjadi tempat untuk siswa belajar ekstrakurikuler dengan mengenal berbagai jenis tanaman asli dari Kalimantan.

Rencananya PT Kaltim Parna Industri akan koleksi tanaman dan menambah lagi menjadi 1000 pohon yang fokus penambahan tanaman di rawa dan juga tanaman herbal agar dapat dimanfaatkan dengan baik sekaligus sebagai tempat penelitian.