Kali ini Aessina akan menyampaikan salah satu data sesuai dengan fakta di lapangan tentang Garut Tour Guide yang terbaik dan sudah berpengalaman berbagai rombongan wisatawan yang datang ke kota Garut baik ke beberapa tempat wisata di Cipanas, Darajat maupun Garut Selatan. Kesimpulan ini kami ambil berdasarkan dokumentasi baik foto dan video serta data valid di lapangan dikarenakan pengalaman itu bukan hanya secarik kertas akan tetapi harus didukung oleh bukti real baik data tertulis, foto maupun video dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemandu Wisata di Garut.

HDG Team Trip Planner & Tour Organizer merupakan Pemandu Wisata Terbaik dan paling berpengalaman sesuai dengan input dan feedback review dari berbagai perusahaan baik swasta maupun pemerintahan yang memakai jasa mereka saat melakukan pendampingan wisata ke kota Garut.

Garut Tour Guide
HDG Team Tour Guide Terbaik di Garut
Garut Tour Guide
Pemandu Wisata Terbaik di Garut

Pemandu Wisata atau Pramuwisata yaitu orang yang pertama kalinya didapati oleh wisatawan dalam rencana wujudkan harapan serta yang dimimpikan atas tur yang sudah dibayarnya. Wisatawan seperti seseorang bocah kecil di dalam hiruk pikuknya pasar. Ia tidak paham mesti mengambil langkah kemana, ia memerlukan tuntunan untuk memperoleh apa yang diinginkannya. Yaitu pekerjaan Pramuwisata untuk temani, mengarahkan, menuntun, merekomendasikan wisatawan di tengah-tengah ketidaktahuannya itu. Wajarlah bila wisatawan mempercayakan aktivitasnya pada Pramuwisata, lantaran ia yang lebih tahu serta memiliki pengalaman. Jadi jadilah Pramuwisata itu juga sebagai rekan perjalan untuk wisatawan. Juga sebagai rekan yang baik jadi bakal sangatlah ironi bila seseorang pramuwisata memakai ketidaktahuan wisatawan untuk mengail keuntungan untuk diri sendiri, umpamanya dengan menaikan harga barang yang dibeli wisatawan, memaksa untuk memberi imbalan lebih, dsb.

Dalam taraf yang lebih luas pramuwisata yaitu duta bangsa atau sekurang-kurangnya duta daerah tempat ia lakukan tugasnya. Apa yang dilukiskan oleh pramuwisata dikira oleh wisatawan juga sebagai cerminan ciri-ciri orang-orang setempat, demikian juga apa yang di sampaikan oleh pramuwisata bakal diakui oleh wisatawan juga sebagai pengetahuan yang bakal senantiasa diingat sampai kembali pada tempat asal. Mengingat hal itu, jadi seseorang pramuwisata sebaiknya bisa memberi info dengan benar serta baik menyangkut negara, kota, ataupun satu desa, tempat wisata, budaya, serta lain sebagainya.

Untuk jadi pemandu wisata yang baik hingga bisa memuaskan wisatawan yang datang, dibutuhkan satu service atau sikap yang penuhi standard service minimum untuk jadi pemandu wisata yang baik. Tersebut sebagian SOP Service Pemandu Wisata pada Wisatawan :

TEKNIK DASAR INTEPRETASI

Dalam perlakuannya, pemandu wisata dituntut membutuhkan sikap-sikap yang baik dalam penyampaian atau menuturkan (intepretasi) satu materi/info pada wisatawan. Ada 9 Tehnik basic intepretasi yang dibutuhkan oleh pemandu wisata mencakup style bhs, alur, keterlibatan, alat bantu, tema, situasi, pertanyaan, serta humor.

a. Style Bahasa
Khusus : Jangan sempat kalimat kita punyai sebagian makna hingga pengunjung bingung bakal maknanya. Kalimat yang khusus bakal berikan deskripsi yang tajam
Aktif : Jauhi sebanyak-banyaknya kalimat pasif. Kalimat aktif bakal “menarik” fantasi peserta ke arah tema kita
Kongkrit : kalimat kita mesti tunjukkan satu benda atau peristiwa yang riil. Kalimat yang konkrit bikin peserta lebih meyakini bakal apa yang kita bawakan
Akrab : Anda bukanlah tengah berpidato, pakai bhs informal seperti bicara dengan rekan-rekan anda, Kondisi yang akrab bikin situasi yang nyaman serta menghibur.

b. Alur
Interpretasi yang baik yaitu kombinasi pada spontanitas serta kedisiplinan. Anda mesti terlihat spontan supaya pegunjung rasakan situasi yang santai. Alur interpretasi yang paling gampang dipakai serta mujarab yaitu Pendahuluan, Isi serta Penutup.

c. Bhs Badan
Ekspresi Muka : Beberapa pakar menyebutkan 50% pemahaman nampak dari komunikasi lewat ekpresi muka bukanlah kalimat.
Postur serta Gerakan Badan : Postur yang santai namun tegap memberikan keyakinan diri. Tiap-tiap gerakan kita mesti menyebabkan arti untuk pengunjung. Apabila kita gugup dengan cara tak segaja nampak beberapa gerakan yang bakal mengakibatkan kerusakan kosentrasi contoh mengoyang-goyang badan, bertumpu di meja, menyembunyikan tangan, memegang pakaian dan lain-lain.

d. Libatkan Pengunjung/Wisatawan
Pengunjung datang atas tekad sendiri. Terang mereka tidak mau dikuliahi seperti di sekolah. Mereka mau memperoleh pengalaman bukanlah pengetahuan. Karenanya melibatkan pengunjung dalam aktivitas adalalah hal yang sangatlah mendasar.

e. Alat Bantu
Kita bisa memakai beragam alat bantu juga sebagai fasilitas komunikasi nonverbal. Alat bantu ini bisa tingkatkan keingintahuan bila dipakai dengan pas. Serta bisa menyebabkan kesan profesional.

f. Angkat Tema Spesifik untuk Mengemukakan Suatu Pesan
Ingatlah Prinsip Tilden yang ke lima. Seluruhnya yang disibakkan dalam interpretasi mesti ada dalam kesatuan. Dengan mengungkap kenyataan-fakta kebenaran, inilah yang kita sebut dengan tema. Kenyataan yang kita ungkapkan telah kita pillih dengan baik untuk mengilustrasikan tema kita.

g. Suasana
Situasi yang pas sangatlah mensupport interpretasi, contoh : kita bicara obat-obatan tradisional, kita buat tata ruang yg tradisional, bau-bauan dan lain-lain. Sikap serta langkah bicara kita juga mesti di perhatikan, bicara yang sopan serta tak menyinggung perasaan wisatawan sangatlah mutlak dikerjakan. Paling akhir, Situasi mesti mulai di ciptakan mulai sejak awal aktivitas.

h. Pertanyaan
Memakai pertanyaan untuk melibatkan pengunjung. Ajukan pertanyaan yaitu ketrampilan yang sangatlah bermanfaat untuk menaikkan daya tarik Interpretasi kita. Pertanyaan bisa kita pakai untuk : Merangsang ketertarikan, Menolong mengorganisasi program, Merangsang pemikiran kreatif, Mengutamakan beberapa hal yang utama.

i. Humor
Humor yaitu pemanis dalam interpretasi bisa tingkatkan komunikasi serta daya tarik. Humor mesti terkait dengan tema perbincangan. Bukanlah sekedar hanya untuk bikin pengunjung tertawa. Janganlah memakai humor yang menyinggung, humor mesti ditampilkan dengan cara halus, ia mesti dirasa jadi sisi integral dari uraian

Service yang baik yaitu promosi yang efisien, lantaran pengunjung yang senang nyaris juga bakal menceritakan pada rekan-temannya. Service yang baik bikin pengunjung kembali pada. Kita tak inginkan pertemuan dengan tamu cuma berlangsung satu kali, berkat jasa HDG Team Garut saat ini sektor pariwisata di kabupaten Garut semakin semarak dan berpengaruh positif ke berbagai pihak terutama para pengusaha kuliner, hotel dan pengianpan serta souvenir dan Oleh-oleh Khas Garut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here