Teknologi di Bidang Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk kita perhatikan dalam keseharian kita. Bagaimana tidak ? memiliki jiwa dan raga yang sehat akan menyebabkan seseorang melakukan berbagai kegiatan positif yang bisa memberikan manfaat yang sangat besar bagi dirinya sendiri dan lingkungannya. Mengingat begitu pentingnya kesehatan tersebut, maka banyak orang yang membuat terobosan atau inovasi yang berkaitan dengan bidang kesehatan tersebut.

Dari sekian banyak inovasi untuk bidang kesehatan tersebut, penggunaan teknologi informasi adalah salah satunya. Teknologi di bidang kesehatan khususnya teknologi informasi memang sangat dibutuhkan untuk membantu para ahli kesehatan dalam memberikan layanan maksimal kepada siapapun yang tengah bermasalah dengan kesehatannya.

Teknologi di Bidang Kesehatan

Tindakan dokter akan lebih maksimal jika mereka dibantu oleh sebuah teknologi informasi karena teknologi tersebut akan memberikan data yang lengkap mengenai kondisi pasien sehingga para dokter akan dengan sangat mudah mencari solusi terbaik untuk mengatasi penderitaan pasien – pasiennya.

Ada beberapa aplikasi teknologi di bidang kesehatan khususnya teknologi informasi yang bisa mendukung para ahli kesehatan untuk memberikan layanan kesehatan yang maksimal kepada seluruh pasiennya. Adapun beberapa aplikasi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Rekam medis Berbasis Komputer (Computer Based Patient Record). Rekam medis berbasis komputer adalah penggunaan database untuk mencatat semua data medis, demografis serta setiap event dalam manajemen pasien di rumah sakit.
  2. Teknologi Penyimpan data Portabel. Beberapa pendekatan yang dilakukan menggunakan teknologi informasi adalah penggunaan smart card (kartu cerdas yang memungkinkan penyimpanan data sementara). Aplikasi penyimpan data portabel sederhana adalah bar code
  3. Teknologi Nirkabel. Saat ini, jaringan nirkabel menjadi primadona karena pengguna tetap tersambung ke dalam jaringan tanpa terhambat mobilitasnya oleh kabel. Melalui jaringan nirkabel, dokter dapat selalu terkoneksi ke dalam database pasien tanpa harus terganggu mobilitasnya.

Aplikasi teknologi di bidang kesehatan berikutnya adalah penggunaan Komputer Genggam (PDA/Personal Digital Assistant). PDA dapat digunakan untuk menyimpan berbagai data klinis pasien, informasi obat, maupun panduan terapi/penanganan klinis tertentu.