Mengenal Apa yang Dimaksud Payment Gateway?

Di era teknologi dan digital yang semakin maju, semakin banyak inovasi-inovasi yang dihadirkan untuk membantu memudahkan urusan masyarakat. Salah satu inovasi yang terjadi di bidang fintech yaitu hadirnya layanan yang disebut dengan payment gateway. Teknologi tersebut juga bisa dikatakan sebagai alat pembayaran yang menjembatani transaksi antara konsumen dan juga penyedia barang.

Meskipun termasuk alat pembayaran yang sangat populer, namun biasanya alat pembayaran online ini hanya digunakan oleh perusahaan besar saja. Padahal semua perusahaan membutuhkannya untuk memudahkan transaksi jual beli. Jika penasaran dengan apa itu layanan ini, Anda bisa menyimak informasi berikut:

Apa Itu Payment Gateway

Secara bahasa pengertiannya adalah payment berarti pembayaran dan gateway berarti gerbang, jadi artinya adalah gerbang pembayaran atau alat pembayaran. Gerbang pembayaran ini memungkinkan sebuah bisnis untuk dapat menerima transaksi dari mana saja dan kapan saja menggunakan internet atau aplikasi berbasis mobile.

Sistem dengan teknologi ini disediakan oleh bank maupun non-bank yang tugasnya melakukan validasi atau otorisasi pembayaran antara sebuah merchant (bisnis Anda) dan pelanggan. Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakannya, berikut beberapa di antaranya:

  1. Tidak perlu banyak rekening

Pebisnis biasanya harus membuat banyak rekening termasuk e-wallet untuk bisa menerima pembayaran dari konsumen yang beragam. Dengan adanya gerbang pembayaran ini, Anda tidak perlu melakukannya. Merchant bisa menerima pembayaran dari berbagai alat pembayaran, selanjutnya akan disalurkan ke satu rekening dari merchant.

  1. Lebih cepat dan mudah dalam memeriksa

Sekarang tidak jamannya lagi memeriksa pembayaran secara online. Bagaimana jika transaksi sangat banyak? Apakah Anda tetap harus memeriksanya secara online. Akan sangat merepotkan bukan. 

Gerbang pembayaran memberikan notifikasi khusus jika konsumen sudah melakukan pembayaran. Jadi Anda bisa mengetahuinya tanpa mengecek rekening.

  1. Lebih aman

Gerbang pembayaran aman karena memiliki sistem keamanan yang sangat baik. Tiga sistem keamanan yang biasanya diterapkan yaitu address verification system, security code, dan 3D secure password.

  1. Mendapatkan kepercayaan konsumen

Dengan keamanan yang dihadirkan gerbang pembayaran, Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Selain itu, konsumen juga menyukai toko online yang menawarkan alat pembayaran lengkap.

Cara Kerja

Mungkin banyak diantara Anda yang bertanya-tanya bagaimana cara payment gateway bisa menerima pembayaran dari berbagai alat pembayaran. Berikut adalah pembahasan mengenai cara kerjanya:

  1. Transaksi dari konsumen

Calon konsumen kan masuk ke website toko online. Setelah memutuskan membeli, informasi pembelian tersebut akan disampaikan oleh koneksi sumber. 

  1. Informasi diteruskan ke prosesor pembayaran

Informasi selanjutnya akan diteruskan pada prosesor pembayaran atau pelaku pembayaran yang dipilih. Contohnya jika memilih bank, maka akan diteruskan ke bank.

  1. Informasi diterima asosiasi penerbit

Setelah itu, prosesor pembayaran akan memberikan informasi pada asosiasi penerbit. Contohnya jenis kartu seperti MasterCard atau Visa.

  1. Memberikan kode khusus

Asosiasi penerbit nantinya akan memberikan balasan berupa kode khusus yang mirip dengan OTP (One Time Password).

  1. Transaksi berhasil

Jika pembayaran sudah dilakukan konsumen, status akan berubah. Gerbang pembayaran memberikan informasi tersebut ke merchant agar transaksi segera dikerjakan.

Rekomendasi Payment Gateway Terbaik Untuk Bisnis Anda

Faspay merupakan perusahaan yang menyediakan layanan gerbang pembayaran satu ini. Jadi jika Anda ingin menggunakannya untuk memudahkan bisnis, gunakanlah layanan dari Faspay. 

Cara mendaftarkan bisnis Anda sangat mudah. Masuk saja ke website resmi Faspay, kemudian tekan Daftar Sekarang untuk melakukan pendaftaran. Setelah itu, isi formulir pendaftaran dan serahkan dokumen legal untuk verifikasi. Terakhir layanan akan terintegrasi sehingga bisa mulai digunakan untuk transaksi pembayaran.

Itulah pembahasan mengenai apa itu payment gateway. Sangat menarik dan memudahkan bukan untuk bisnis Anda? Ayo sekarang daftarkan perusahaan Anda untuk mendapatkan layanan tersebut dari Faspay melalui website www.faspay.co.id/id/.