Premi Asuransi Mobil
Premi Asuransi Mobil

Premi Asuransi Mobil – Tampaknya memang belum banyak yang mengetahui pentingnya. Selain belum memahami manfaat dan kegunaannya, juga masih bingung masalah hitung-hitungan biaya preminya. Kebingungan itu muncul karena ada kekhawatiran, Khawatir bila dalam hitungan biaya premi terkena penipuan.

Premi Asuransi Mobil
Premi Asuransi Mobil

Sebenarnya tidak perlu bingung soal premi asuransi. Sebab, sesuai dengan surat edaran Nomor 21/SEOJK.05/2015 dari Otoritas Jasa Keuangan, besara tarif premi asuransi mobil ini sudah diatur sesuai hukum yang telah berlaku. Jadi tidak perlu khawatir lagi munculnya biaya siluman.

Seluruh upaya tersebut memang dalam rangka untuk melindungi dari adanya kerugian. Tapi sebelum menghitung biaya premi, ada baiknya memilih jenis-jenis auransi mobil yang tersedia. Autocillin merupakan produk asuransi mobil Adira Insurance yang memberikan jaminan terhadap mobil yang Anda miliki.

Jaminan yang diberikan dari Asuransi Mobil Autocillin terdiri dari jaminan Comprehensive atau jaminan Comprehensive Plus atau jaminan Total Lost Only (TLO) dengan rate premi asuransi mobil yang berbeda sesuai dengan jenis jaminan yang dipilih. Yaitu:

  1. Asuransi Mobil Autocillin TLO memberikan penggantian apabila mobil mengalami kerusakan parah diatas 70 persen atau bahkan sudah tidak bisa direparasi lagi. Ini juga termasuk bila mobil hilang atau dicuri. Jika membeli kredit, biasanya suransi TLO sudah menjadi satu dengan pembayaran pertama yang besaran preminya sesuai dengan jangka waktu masa kredit. Semakin sedikit cepat masa kredit, maka premi akan semakin rendah.
  2. Asuransi Mobil Autocillin Comprehensive memiliki cakupan perlindungan yang lebih luas. Baik kerusakan kecil maupun besar. Tentu saja biaya preminya lebih tinggi bila dibandingkan TLO.
  3. Kombinasi memadukan kedua jenis asuransi mobil tersebut. Misalnya, selama tiga tahun Anda menggunakan asuransi Comprehensive, namun semakin tua mobilnya tentu preminya juga semakin mahal. Sehingga Anda memutuskan untuk beralih ke asuransi TLO.

Harus diingat, perusahaan asuransi wajib mengenakan biaya premi asuransi mobil tambahan, khusus berlaku untuk usia kendaraan diatas lima tahun. Dengan besaran premi minimal sebesar lima persen. Semoga bermanfaat bagi pembaca yang ingin menggunakan asuransi mobil.