mengatasi kulit kepala gatal
mengatasi kulit kepala gatal

Beragam masalah yang menyebabkan kulit kepala gatal. Bisa karena masalah kulit yang tergolong ringan atau masalah kulit kepala yang lumayan parah. Kulit gatal sangat mengganggu kenyamanan dan kesehatan rambut. Selain itu pun seseorang yang memiliki kulit kepala gatal dapat menurunkan rasa percaya dirinya.

Pasalnya kulit kepala gatal disertai dengan serpihan putih pada kulit kepala. Ada beberapa hal yang menyebabkan kulit kepala gatal diantaranya karena ketombe, psoriasis, dan kurap. Ketombe menjadi salah satu penyebab kulit kepala gatal. Gatalnya kulit disebabkan oleh tumbuhnya jamur, bakteri, dan minyak secara berlebihan.

Akibatnya sel- sel kulit kepala mati dan menimbulkan ketombe. Selain itu, ketombe pun muncul karena sensitifitas kulit kepala terhadap produk shampo tertentu. Penyebab yang kedua karena psoriasis. Psoriasis disebabkan karena sel kulit kepala yang tumbuh dengan cepat membentuk bercak kemerahan yang kemudian tertutupi oleh tumpukan serpihan putih. Itulah yang menghasilkan ketombe pada kulit kepala.

Penyebab kulit kepala gatal yang terakhir karena kurap. Kurap ini merupakan infeksi jamur dari lapisan kulit kepala dan rambut. Penyakit ini menyebabkan ruam dengan pinggiran yang teraba menoonjol dan berwarna kemerah – merahan membentuk cincin. Gejalanya kulit kepala sangat gatal dan bagian yang kurap akan menjadi botak.

Ada beberapa cara mengatasi kulit kepala gatal berdasarkan penyebab – penyebabnya. Cara pertama untuk mengatasi kulit kepala gatal karena ketombe dengan menggunkan shampo anti ketombe yang mengandung zinc pyrithione. Kandunga zinc ini merupakan antibakteri yang dapat mengurangi jamur penyebab ketombe dan kulit kepala gatal – gatal. Cara alami untuk mengatasi kulit kepala gatal karena ketombe dengan mencampurkan 10 tetes minyak zaitun dengan 1 tetes minyak pohon tea.

Untuk mengatasi kulit kepala gatal akibat psioriasis dengan mengunakan shampo anti ketombe yang mengandung asam salisilat. Shampo terbaik yang dapat membasmi ketombe dan psioriasis dengan mudah dengan menggunakan shampo anti ketombe clear. Sedangkan bagi seseorang yang mengidap kurap, dokter menyarankan untuk menggunakan shampo tertentu dan juga meresepkan obat antifungal yang dikonsumsi sekitar 6 minggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here