Anting berlian asli
Anting berlian asli

Anting berlian asli adalah salah satu perhiasan yang banyak diminati. Berlian adalah salah satu batu mulia yang langka. Selain itu, batu ini memiliki kilauan yang cemerlang dan indah. Itulah yang membuat harganya mahal dan sebagai salah satu barang mewah. Anting berlian asli adalah perhiasan yang dapat menegaskan kesan elegan pada penampilan Anda.

Saat ini tidak sulit untuk mendapatkan perhiasan berlian. Namun, tidak semua pedagang berlian menawarkan produk asli. Banyak di antara mereka yang menawarkan produk imitasi. Untuk mencegahnya, simak berikut tips cara membedakannya:

1. Lakukan Tes Embun

Letakkanlah berlian tepat di depan mulut Anda. Kemudian, hembuskan nafas ke arah berlian. Lalu lihatlah embun yang terdapat pada berlian. Jika embunnya bertahan selama beberapa detik, maka berlian bisa saja palsu. Karena, berlian asli akan segera menghilangkan panas dari nafas Anda. Sehingga, embunnya akan segera hilang.

Image result for Mondial Anting berlian asli

2. Gunakan Alat Pendeteksi Berlian

Nah, cara ini adalah yang paling mudah. Anda bisa menggunakan alat untuk mendeteksi berlian. Cara ini pun bisa Anda gunakan ketika Anda membelinya. Mintalah pedagang agar mengecek keaslian dengan menggunakan alat ini. Cara ini terbilang yang paling mudah karena tingkat keakuratannya hampir 100%.

3. Masukkan Berlian ke Dalam Air Dalam Gelas

Cemplungkan berlian ke dalam gelas yang sudah diisi dengan air. Lihatlah apakah berlian Anda tenggelam atau tidak. Berlian yang palsu akan mengapung di permukaan air atau melayang di tengah gelas. Sementara berlian asli akan tenggelam karena kerapatannya.

4. Panaskan Batu Berlian

Ambillah korek api, kemudian nyalakan. Lalu, panaskan batu berlian yang Anda curigai imitasi selama 30 detik. Setelah itu, cemplungkan ke dalam gelas yang berisi air. Berlian palsu akan mengalami retak karena kewalahan. Hal tersebut dikarenakan, berlian palsu terbuat dari kaca atau kuarsa. Sementara berlian asli cukup kuat dan tidak akan mengalami kerusakan apapun.

Itulah cara menentukan anting berlian asli dan imitasi. Cara di atas merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan siapa saja. Agar Anda terhindar dari kesalahan membeli, pastikan Anda belanja di tempat yang tepat.