sekolah animasi
sekolah animasi

Animasi, kata ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Hampir setiap orang pernah menjumpai, melihat atau mendengar  istilah ini dari majalah, koran, tabloid, buku pelajaran, televisi, radio, internet dan media – media lainnya yang sering memuat kata ini. Namun demikian, tidak setiap orang mengetahui apa sebenarnya definisi dari istilah animasi tersebut. Namun banyak juga yang tahu dan mengerti tentang animasi, namun cukup sulit untuk menjelaskannya. Hanya orang – orang yang pernah belajar di sekolah animasi saja yang mengetahui dan mengerti serta mampu menjelaskan tentang definisi animasi tersebut. Dalam artikel ini, akan di kupas secara sederhana tentang apa sebenarnya animasi itu.

Di sekolah animasi diajarkan kepada siswanya tentang pengertian animasi. Secara bahasa, animasi berasal dari bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan menggerakan benda mati. Sementara definisi sebenarnya dari animasi adalah gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek bisa berupa gambar manusia, tumbuhan, hewan, tulisan dan lain – lain. Animasi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu (time line) tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.

Animasi merupakan objek yang asalnya objek mati, kemudian di desain sedemikian rupa oleh animator dan disusun dalam posisi yang berbeda seolah – olah objek tersebut menjadi hidup. Dengan kata lain, animasi adalah hasil kreatifitas desainer grafis yang bisa mengubah objek mati menjadi seakan – akan hidup dengan membawa pesan – pesan tertentu bagi masyarakat atau pihak tertentu. Pada proses pembuatannya sang pembuat animasi harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Animator harus memiliki perencanaan yang matang dalam merumuskan alur gerak objek berdasarkan logika yang tepat. Nah, jika itu dilakukan maka sang animator akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.

Sekolah animasi yang bisa memberikan penjelasan tentang animasi dan teknik – teknik dalam membuat animasi dengan sangat baik adalah IDS (International Design School). Di sini, anda akan mendapatkan layanan pembelajaran dan praktik animasi yang memuaskan, sehingga ketika lulus dari IDS, anda akan menjadi seorang animator handal dan berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here