mengatasi rasa takut
mengatasi rasa takut

Bagi kebanyakan orang sekarang ini, setelah selesai mencari ilmu di bangku sekolah dan kuliah tentunya ingin memiliki pekerjaan. Setidaknya pekerjaan yang biasa saja dan mampu dikuasai untuk sekedar mencari pengalaman kerja. Namun dengan kondisi ekonomi Negara yang tidak menentu seperti sekarang ini, memiliki pekerjaan adalah sebuah tuntutan agar mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dan untuk mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang lumayan, tentunya bukan perkara yang mudah.

Dibutuhkan proses yang sulit untuk mendapatkannya, dari mulai melamar saja sudah banyak saingan sehingga banyak orang yang merasa takut untuk memulai melamar perkejaan. Kebanyakan orang mengatasi rasa takut dalam mencari pekerjaan dilakukan dengan cara menyiapkan segala sesuatunya di awal, dari mulai administrasi yang dibutuhkan sampai kepada keahlian yang dimiliki.

mengatasi rasa takut

Persiapan yang matang ketika akan melamar pekerjaan bisa menjadi cara yang jitu untuk mengatasi rasa takut akan gagal. Kepercayaan diri pun akan tumbuh ketika semua yang telah anda siapkan begitu meyakinkan.

Nah untuk membantu anda dapat percaya diri ketika akan melamar pekerjaan, berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam persiapan melamar pekerjaan diantaranya yaitu :

1. Cari pekerjaan yang anda kuasai

Dalam mencari pekerjaan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari pekerjaan dalam bidang yang anda kuasai. Dari mulai hobi ataupun jurusan sekolah tentunya akan membantu anda menguasai pekerjaan yang akan dikerjakan nantinya. Dengan begitu, anda akan lebih percaya diri ketika melamar pekerjaan, karena anda setidaknya sudah mengenal bidang yang nantinya akan menjadi pekejaan anda.

2. Siapkan berkas persyaratan

Setelah anda mendapatkan tempat yang membutuhkan jasa yang anda kuasai, maka mulailah dengan mencari informasi tentang persyaratan yang harus dilengkapi. Biasanya curriculum vitae menjadi hal yang mutlak untuk disiapkan, begitu juga dengan berkas lainnya seperti ijasah, sertifikat, ataupun fotocopy data diri seperti KTP dan lain-lain. Selain berkas administrasi yang perlu anda siapkan, anda juga mesti menyiapkan diri untuk wawancara. Jangan sampai anda tidak memiliki mental yang kuat sehingga grogi dalam menjawab pertanyaan. Karena itulah, pendidikan dan penguasaan bidang perkejaan mesti dimiliki agar anda bisa dengan lancar menjawab semua pertanyaan saat diwawancara.

3. Berpakaian rapi

Penting sekali untuk anda lakukan, apapun itu pekerjaannya anda mesti menampilkan sosok pribadi yang rapi, bersih, dan disiplin. Dari mulai sepatu, pakaian, sampai kepada kebersihan badan mesti anda siapkan. pakailah parfum agar orang disekitar anda merasa nyaman termasuk orang yang nantinya akan mewawancara anda. Gunakan Listerine agar nafas anda segar dan tidak mengeluarkan aroma tidak sedap. Dengan begitu maka anda akan lebih percaya diri dan siap untuk melakukan wawancara. Perlu diingat bahwa tidak sedikit orang yang menilai anda dari cara berpakaian, karena itulah berpakaianlah yang rapi agar anda bisa selalu diterima oleh siapapun.

4. Pintar mempromosikan diri

Dalam hal ini, pelamar mesti terampil untuk mempromosikan dirinya terutama kemampuan yang dimiliki. Namun hal itu dilakukan tanpa adanya rasa sombong, dalam arti sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan mampu membuat penilai anda merasa tertarik dengan diri dan kemampuan anda.

Jika sudah melakukan keempat hal tersebut diatas, maka anda sudah mendapatkan 90 persen untuk berhasil diterima ditempat yang anda lamar. Separuhnya adalah keberuntungan anda, karena hal itu juga berperan pada nasib seseorang. Namun keberuntungan tidak akan didapatkan jika tidak dilakukan, jadi segera lakukan sekarang dan dapatkan keberuntungan tersebut.