Beberapa Prilaku Sederhana Yang Memicu Ketombe

penyebab ketombe

Mendapati ketombe pada kulit kepala pastinya sangat menjengkelkan, bayangkan saja dengan adanya ketombe di kulit kepala tentunya akan menimbulkan rasa gatal dan kita harus menggaruk – garuk kepala. Belum lagi jika kita menggaruk kepala maka ketombe akan berjatuhan dan itu sangat memalukan. Ketombe yang berjatuhan adalah sel kulit mati. Sel kulit yang berjatuhan itu berwarna putih dan akan berserakan di pundak kita itulah yang menyebabkan kepercayaan diri berkurang.

Oleh sebab itu kita harus menyingkirkan ketombe dari kulit kepala. Namun sebelum menyingkirkan ketombe dari kulit kepala, kita harus mengetahui dahulu penyebab ketombe yang timbul di kulit kepala kita. Sehingga selain dapat mengobati ketombe, kita juga bisa mencegah ketombe untuk datang kembali.

Banyak orang yang menganggap bahwa penyebab ketombe itu disebabkan oleh ketidak cocokan shampoo yang digunakan, namun sebenarnya tidak hanya dari penggunaan shampoo yang tidak cocok saja, atau zat – zat kimia lain yang digunakan pada kulit kepala, akan tetapi ketombe juga timbul dikarenakan beberapa perilaku yang biasanya kita lakukan secara tidak sadar.

Beberapa perilaku yang merupakan penyebab ketombe adalah sebagai berikut :

  1. Mengikat rambut ketika rambut masih basah. Sering kali ketika terburu – buru kadang kita langsung mengikat rambut kita walau rambutnya masih basah. Hal itu sangat berdampak buruk pada kondisi kulit kepala. Sebab rambut yang basah akan menyebabkan kulit kepala menjadi lembab. Pada kulit kepala yang lembab lah maka jamur berupa ketombe akan tumbuh berkembang. Mengikat rambut dalam keadaan basah pun akan mengakibatkan rambut menjadi rontok, karena pada saat basah rambut dalam keadaan mudah terlucuti, sehingga ketika diikat maka rambut akan mudah jatuh atau rontok.
  2. Menyisir rambut juga merupakan salah satu penyebab timbulnya ketombe. Kenapa? hal ini apabila kita menyisir rambut menggunakan sisir rambut bekas orang lain. Jelas sekali bila hal ini menyebabkan timbulnya ketombe, sebab bisa disebabkan dari sisir rambut kotor bekas orang lain. Oleh sebab itu kita harus mencuci dahulu sisir rambut yang kotor sebelum digunakan supaya tidak memicu timbulnya jamur dan bakteri.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *